Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran (mobile learning) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran mobile learning menggunakan framework phonegap pada mata pelajaran Desain Media Interaktif (pemrograman web) ?. (2) Apakah siswa mengalami peningkatan motivasi belajar setelah menggunakan media pembelajaran mobile learning menggunakan framework phonegap pada mata pelajaran Desain Media Interaktif (pemrograman web) ?.3. Bagaimana Hasil Belajar Siswa Setelah menggunakan menggunakan media pembelajaran mobile learning menggunakan framework phonegap pada mata pelajaran Desain Media Interaktif (pemrograman web) ?.
Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 4D (Define, Design, Develop, Desseminate). Peneliti memodifikasi langkah pada model 4D menjadi 3 langkah. Dalam penelitian ini menggunakan dua buah kelompok, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII MultiMedia di SMK Negeri 1 Jabon Sidoarjo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil respon siswa yang menggunakan media mobile learning menunjukkan rata-rata 2.70-3.04 dengan kategori setuju/baik untuk digunakan . (2) Hasil angket motivasi belajar siswa yang menggunakan media mobile learning menunjukkan nilai 64%. Pada peningkatan motivasi belajar siswa dianalisis dengan skor gain <g> menggunakan rumus N-Gain, mendapatkan hasil sebesar 0.135 dengan kriteria peningkatan rendah..(3) Hasil belajar siswa pada tabel uji hipotesis menggunakan man whitney, menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan Media mobile learning memiliki nilai yang lebih baik dari pada siswa yang tidak menggunakan media mobile learning
Kategori : Mobile Learning, 4 D, Respon, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
This research is done to develop the learning media (mobile learning) to improve the learning motivation of students. The formulation of this research problem is: (1) How do students respond after using mobile learning learning media using the PHONEGAP framework on interactive Media Design (Web programming) subjects?. (2) Do students experience increased motivation for learning after using mobile learning learning media using the PHONEGAP framework on interactive Media Design (Web programming) subjects?. 3. How are student learning outcomes after using mobile learning learning media using the PHONEGAP framework on interactive Media Design (Web programming) subjects?. The development methods used in this research are the methods of 4D (Define, Design, Develop, Desseminate). Researchers modified the step on the 4D model into 3 steps. In this study using two groups, namely the control class and the experimental class. The target of this research is grade XII MultiMedia students at SMK Negeri 1 Jabon Sidoarjo.The results showed that: (1) Student response results using mobile Learning Media show an average of 2.70-3.04 with category Agree/good to use. (2) The results of a learning motivation poll of students using mobile learning Media Show a value of 64%. On increased motivation to learn students analyzed by gain score <g>using the N-gain formula, get a result of 0135 with low increase criteria.. (3) The student learning results in the hypothesis test table using man Whitney, indicating that classes using mobile learning Media have better value than students who do not use mobile learning media
Category: Mobile Learning, 4 D, response, motivational learning, learning outcomes