PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MERONCE PADA PEMBELAAJRAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN KB SANTO PETRUS TUBAN
DEVELOPMENT OF MERONCE GUIDEBOOK ON FINE MOTOR LEARNING CHILDREN AGE 3-4 YEAR OLD KB SANTO PETRUS TUBAN
Penelitian didasarkan pada hasil observasi di KB Santo Petrus Tuban yang menunjukkan bahwa kegiatan meronce untuk pembelajaran motoric halus anak menggunakan alat dan bahan berupa sedotan dan tali kasur. Dimana alat dan bahan tersebut belum sesuai dengan tahapan meronce anak usia dini 3-4 tahun, yang pada usia tersebut merupakan tahap awal melakukan kegiatan meronce dengan bahan manik besar dan tali yang tidak kaku. Peneliti mendapati KB Santo Petrus Tuban memiliki alat dan bahan meronce berbahan kayu ringan serta telah dilengkapi dengan jarum khusus meronce untuk anak. Alat dan bahan tersebut kurang dimanfaatkan secara maksimal oleh guru. Maka peneliti mengembangkan suatu buku panduan meronce yang memuat tahapan meronce serta pola meronce yang sesuai untuk anak usia dini 3-4 tahun Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Subjek dalam pengembangan ini adalah ahli materi, ahli media dan guru di KB Santo Petrus Tuban. Objek yang dikembangkan ialah buku panduan meronce. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengisi kuisioner validasi dan kelayakan buku panduan meronce. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli materi dan ahli media, buku panduan ini layak digunakan oleh guru. Uji coba kelayakan dilakukan pada 13 guru di KB Santo Petrus Tuban dan menunjukkan presentase 88%, masuk dalam kriteria baik sekali dan buku panduan meronce ini pun layak digunakan guru dalam kegiatan meronce di kelas sebagai pembelajaran motoric halus pada anak usia 3-4 tahun. Buku panduan meronce ini dapat menambah pengetahuan serta infomasi bagi guru KB Santo Petrus Tuban melakukan kegiatan meronce untuk anak 3-4 tahun sesuai dengan tahapan meronce dan usia anak. Kata Kunci: Buku Panduan Meronce, Motorik Halus, Anak Usia Dini 3-4 tahun.
This research is based on the results of observations at the KB Santo Petrus Tuban which showed that meronce activities for children’s fine motor leraning, used tools and materials of straws and mattress saw. Where the tools and materials are not suitable with the crocheting stage in children aged 3-4 years, which at that age is the early stage of the child doing the meronce activity using large beads and topes that aren’t stiff. Researcher found that the school have tools and materials for meronce made of light wood and have been equipped with special needles for children. However, these tools and materials are not used optimally by teachers. For this reason, the researcher developed a Meronce Guidebook that contains the stages of meronce and the meronce pattern that is suitable for children aged 3-4 years. This development research uses the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate) model. The subjects in this development are material experts, media expert, and teachers at the KB Santo Petrus Tuban. The object developed is meronce guide book. Collecting data in this research by filling out a validation questionnaire and the feasibility of the meronc eguidebook. Based on the results of validation by material expert and media expert, this guidebook is suitable for use by teacher for motor skill learning. The feasibility test was filling out by 13 teacher at KB Santo Petrus Tuban and showed a percentage of 88%, which is include in very good criteria and this meronce guidebook is also suitable for teachers to use in meronce activities in class as fine motor learning for children ages 3-4 years. This meronce guidebook can improve knowledge and information for the teachers of KB Santo Petrus Tuban to carry out meronce activities for 3-4 years old children according to the stages of meronce and the age of the child. Keywords: Meronce Guidebook, fine motor, early child age 3-4 year