HUBUNGAN SCREEN TIME DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK
CORRELATION BETWEEN SCREEN TIME AND PHYSICAL ACTIVITY TO STUDENT’S PHYSICAL FITNESS
Perkembangan media elektronik dapat meningkatkan durasi screen time, menyebabkan siswa mengembangkan kebiasaan sedentary, dan menurunkan aktivitas fisik. hal ini dianggap sebagai penyebab masalah rendahnya kebugaran jasmani di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara screen time, aktivitas fisik, dan kebugaran jasmani siswa. Desain penelitian ini adalah korelasional, dengan jumlah subjek 88 orang di kelas 4 dan 5 di Labschool Unesa 1. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Tes kebugaran jasmani pelajar Nusantara (TKPN) digunakan untuk menilai kebugaran jasmani, screen time-based sedentary behaviour questionnaire untuk menilai perilaku sedentary, dan physical activity questionnaires for older children untuk menilai tingkat aktivitas fisik. Pengambilan data sesuai dengan jadwal pendidikan jasmani setiap kelas. Regresi logistik multinomial digunakan untuk analisis data. Temuan penelitian mengungkapkan korelasi simultan yang signifikan antara screen time, aktivitas fisik, dan kebugaran jasmani (p = 0,017). Namun, analisis parsial menunjukkan tidak ada korelasi signifikan antara screen time dan kebugaran jasmani (p = 0,517), sementara aktivitas fisik menunjukkan korelasi signifikan dengan kebugaran jasmani (p = 0,013). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa 73,9% peserta memiliki tingkat kebugaran fisik yang sangat buruk, dan 43,18% peserta memiliki tingkat aktivitas fisik yang rendah, dengan durasi waktu layar harian rata-rata 3,03 jam. Peserta mengakses media elektronik sebagian besar untuk bermain game di smartphone, dengan rata-rata 2,28 jam. Studi ini menyimpulkan bahwa screen time tidak secara langsung memengaruhi kebugaran fisik tetapi dapat mengurangi aktivitas fisik dan kebugaran siswa. Meskipun waktu layar tidak berdampak langsung pada kebugaran fisik, studi ini merekomendasikan untuk terus memantau screen time dan meningkatkan tingkat aktivitas fisik untuk mengurangi potensi risiko yang terkait dengan screen time yang berlebihan.
Kata Kunci : Screen Time, Aktivitas Fisik, Kebugaran Jasmani, Sekolah Dasar
The development of electronic media may increase screen time (ST) duration, cause students to develop sedentary habits, and decrease their physical activity (PA). Lately, this has been thought to be the cause of the problem of low physical fitness (PF) among students. This study aimed to analyze the correlation between screen time, physical activity, and students' physical fitness. The design of this study was correlational, with a total of 88 subjects in grades 4 and 5 at Primary Laboratoy School (Labschool) Unesa 1. The sampling technique was simple random sampling. Nusantara students' physical fitness test (TKPN) was employed to assessed physical fitness, screen time-based sedentary behaviour questionnaire to assessed sedentary behaviour, and physical activity questionnaires for older children to assessed physical activity level. Data were collected in alignment with the physical education schedule for each class. Multinomial logistic regression was employed for data analysis. Findings revealed a significant simultaneous correlation among sedentary time (ST), physical activity (PA), and physical fitness (PF) (p = 0.017). However, partial analysis indicated no significant correlation between ST and PF (p = 0.517), while PA demonstrated a significant correlation with PF (p = 0.013). The results of the descriptive analysis showed that 73.9% of participants had very poor levels of physical fitness, and 43.18% of participants had low physical activity levels, with an average daily screen time duration of 3.03 hours. Participants accessed electronic media mostly to play games on smartphones, with an average of 2.28 hours. This study concluded that screen time was not directly affecting physical fitness but could reduce physical activity and student fitness. Despite screen time having no direct impact on physical fitness, this study recommends continuing to monitor screen time duration and increasing physical activity levels to mitigate potential risks associated with excessive screen use.
Keywords : Screen Time, Physical Activity, Physical Fitness, Elementary School