Pengembangan Modul Berbasis Strategi Metakognitif untuk Mereduksi Miskonsepsi Materi Hidrolisis Garam
Development of Modules Based on Metacognitive Strategies to Reduce Misconceptions on Salt Hydrolysis Material
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis strategi metakognitif untuk mereduksi miskonsepsi materi hidrolisis garam. Penelitian ini digunakan untuk menghasilkan modul yang valid dan menguji kepraktisan (pelaksanaan pembelajaran) dan keefektifan (pemahaman konsep dan hasil belajar siswa). Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan (R&D) yang meliputi studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian yang dilaksanakan dengan one group pretest posttest design. Subjek uji coba adalah siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Lamongan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, dan lembar tes konsepsi siswa. Analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul valid dengan memperoleh skor 4 dengan kategori valid dan percent of agreement berada pada rentang 86-100% dengan kriteria reliabel; (2) modul telah praktis dengan keterlaksanaan pembelajaran selama dua kali pertemuan berkisar 81-100% dengan kategori sangat baik; dan (3) modul telah efektif menggeser status miskonsepsi (MK) menjadi tahu konsep (TK). Dalam konsep reaksi hidrolisis, MK bergeser menjadi TK dan tetap menjadi MK masing-masing sebesar 74% dan 26%. Sedangkan pada konsep pH larutan garam, MK bergeser menjadi TK dan tetap MK masing-masing sebesar 50% dan 50%. Selain itu, hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan dari pretest ke posttest sebesar 70%.
This study aims to produce a module based on metacognitive strategies to reduce misconceptions about salt hydrolysis. This research is used to produce valid modules and test practicality (learning implementation) and effectiveness (concept understanding and student learning outcomes). The research carried out is a type of development research (R&D) which includes preliminary studies, development, and testing carried out with a one group pretest posttest design. The test subjects were students of class XI MIPA at SMA 1 Lamongan. The research instruments used were validation sheets, observation sheets on the implementation of lesson plans, and students' conception test sheets. Analysis of research data shows that: (1) The module is valid by obtaining a score of 4 with the valid category and the percent of agreement is in the range of 86-100% with reliable criteria; (2) the module has been practical with the implementation of learning during the two meetings in the range of 81-100% in the very good category; and (3) the module has effectively shifted the status of misconceptions (MK) to know concepts (TK). In the hydrolysis reaction concept, the MK shifts to TK and remains MK by 74% and 26%, respectively. Whereas in the concept of salt solution pH, the MK shifts to TK and remains MK by 50% and 50%, respectively. In addition, student learning outcomes increased from pretest to posttest by 70%.