Pengaruh Media Sandpaper Letters dengan Motorik Sensorik terhadap Kemampuan Membaca Awal dan Kemampuan Menulis Awal pada Anak TK Kelompok A
The Effect of Sandpaper Letters Media with Sensory Motor on Early Reading Ability and Early Writing Ability in Group A Kindergarten Children
ABSTRAK
Fadhilah, Alya Nur. 2023. Pengaruh Media Sandpaper Letters dengan Motorik Sensorik terhadap Kemampuan Membaca Awal dan Kemampuan Menulis Awal pada Anak TK Kelompok A. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I: Dr. Hendratno, M.Hum. Pembimbing II: Dr. Sri Setyowati, M.Pd.
Kata Kunci: Media Sandpaper Letters, Kemampuan Membaca Awal, Kemampuan Menulis Awal, Anak Kelompok A.
Tujuan penelitian untuk (1) Mendeskripsikan adanya pengaruh media Sandpaper Letters dengan motorik sensorik terhadap kemampuan membaca awal (mengenal huruf, mengucapkan bunyi huruf dan memahami huruf) anak kelompok A; (2) Mendeskripsikan adanya pengaruh media Sandpaper Letters dengan motorik sensorik terhadap kemampuan menulis awal (kesiapan menulis dan hasil jenis genggaman) anak kelompok A. Latar belakang penelitian ini adalah stimulasi anak usia dini adalah belajar dengan menggunakan media konkrit seperti media Sandpaper Letters dengan sensorik motorik, kondisi realitas yang terjadi, banyak SD yang menjadikan membaca dan menulis sebagai syarat masuk, sehingga orang tua menjadi panik, hal ini memiliki pengaruh pada jenjang TK yang membuat guru memberikan worksheet terus menerus dan membuat anak menghafal huruf.
Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan model Quasi Experiment dengan satu macam perlakuan. Subyek penelitian adalah 41 anak usia 4-5 di TK Negeri Pembina Kec. Batu. Kelompok eksperimen terdiri dari 21 anak. Kelompok kontrol terdiri dari 20 anak. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi dan instrumen penelitian.
Analisis data dalam penelitian dilakukan secara statistik menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji paired t test dengan tingkat signifikan (sig) lebih kecil dari 5% (0.05). Hasil analis data menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh media Sandpaper Letters dengan Motorik Sensorik terhadap Membaca Awal (mengenal huruf, membunyikan huruf dan memahami huruf) anak kelompok A; (2) Ada pengaruh media Sandpaper Letters dengan Motorik Sensorik terhadap Menulis Awal (kesiapan menulis dan hasil jenis genggaman) anak kelompok A.
ABSTRACT
Fadhilah, Alya Nur. 2023. The Effect of Sandpaper Letters Media with Sensory Motor on Early Reading Ability and Early Writing Ability in Group A Kindergarten Children. Thesis of Basic Education Study Program (Early Childhood Education Concentration), Faculty of Education, State University of Surabaya. Supervisor I: Dr. Hendratno, M.Hum. Supervisor II: Dr. Sri Setyowati, M.Pd.
Keywords: Sandpaper Letters media, Early Reading Ability, Early Writing Ability, Group A Children.
The research objectives were to (1) describe the influence of Sandpaper Letters media with sensory motors on early reading skills (recognizing letters, pronouncing letter sounds and understanding letters) in group A children; (2) Describe the influence of Sandpaper Letters media with sensory motors on early writing skills (readiness to write and grip type results) in group A children. The background of this research is that early childhood stimulation is learning by using concrete media such as Sandpaper Letters media with motor sensory , the reality is that many elementary schools require reading and writing as entry requirements, so parents panic. This has an effect on the kindergarten level, which makes teachers provide worksheets continuously and makes children memorize letters.
The research was carried out through a quantitative approach with a Quasi Experiment model with one kind of treatment. The research subjects were 41 children aged 4-5 in Pembina State Kindergarten, Kec. Batu. The experimental group consisted of 21 children. The control group consisted of 20 children. Research data was collected through observation techniques, documentation and research instruments.
Data analysis in the study was carried out statistically using parametric statistical tests, namely the paired t test with a significant level (sig) less than 5% (0.05). The results of the data analysis show that: (1) There is an influence of Sandpaper Letters media with Sensory Motor on Early Reading (recognizing letters, sounding letters and understanding letters) in group A children; (2) There is an influence of Sandpaper Letters media with Sensory Motor on Early Writing (readiness to write and the results of the type of grip) of group A children.