Peran Orangtua Dalam Pelaksanaan Learn From Home Pada Anak Usia Dini di TK A Cendekia UPT SKB Cerme-Gresik
The Role of Parents in the Implementation of Learn From Home in Early Childhood at Kindergarten A Cendekia UPT SKB Cerme-Gresik
Abstrak
Pandemi covid 19 menyebabkan dikeluarkannya kebijakan learn from home bagi anak-anak sekolah. Di dalam situasi ini menuntut adanya keterlibatan orang tua secara lebih mendalam dan maksimal dalam bekerjasama menerapkan kebijakan pemerintah dan mengembalikan hakikat pendidikan anak dalam keluarga dengan optimalisasi fungsi dari parenting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orangtua dalam pelaksanaan learn from home pada anak usia dini di TK A Cendekia. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peran orang tua secara keseluruhan dalam pelaksanaan Learn From Home adalah (1) sebagai pendidik, penjaga, pembimbing, pengawas dan pengembang. Secara lebih khusus untuk memastikan anak dalam menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat, serta turut menaati protokol kesehatan. (2) dengan latar belakang pendidikan dan pengetahuan yang berbeda, tetap menunjukkan bahwa semua orangtua memiliki tujuan yang sama yaitu membimbing anak untuk memiliki karakter dan moral yang baik, (3) orangtua menyeimbangkan antara pekerjaan rumah tangga, pekerjaan inti, dan mengurus anak-anaknya. (4) orangtua mengikuti perkembangan teknologi modern untuk menunjang kegiatan pembelajaran daring pada anaknya.
Kata Kunci: learnfromhome,peran orangtua,anakusiadini,kualitatif
Abstract
The covid-19 pandemic led to the issuance of a study from home policy for school children. This situation demands a deeper and maximum interaction between parents in implementing government policies and restoring the nature of children's education in the family by optimizing the function of parenting. This study aims to see how the role of children in implementing learning from home in early childhood at Kindergarten A Cendekia. This type of research uses a qualitative approach, based on the results of the study showing the role of parents as a whole in implementing Learn From Home are (1) as educators, carers, mentors, supervisors and developers. In particular, to ensure that children adopt a clean and healthy lifestyle, and also comply with health protocols. (2) with different educational backgrounds and knowledge, it still shows that all people who have the same goal, namely guiding children to have good character and morals, (3) parents balance household work, core work, and children. his son. (4) parents follow technological developments to support bold learning activities for their children.
Keywords: learnfromhome, role of parents, early childhood, qualitative