ABSTRAK
PENGARUH DISPARITAS HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
PADA JASA TRANSPORTASI ONLINE
(Studi Pada Konsumen Go-Food di Surabaya)
Nama : Hana Indria Ramadhani
NIM : 15080324009
Program Studi : Pendidikan Tata Niaga
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Saino, M.Pd
Perkembangan ekonomi digital sangat berguna dalam sektor transportasi. Dengan adanya transportasi online, membantu aktifitas masyarakat menjadi cepat dan efisien. Saat ini perkembangan transportasi yang pesat adalah Gojek. Gojek memberikan sebuah fitur layanan food delivery online yaitu Go-Food. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disparitas harga dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada konsumen Go-Food di Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan nonprobability sampling dengan metode pendekatan purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebesar 97 responden. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Disparitas Harga memiliki pengaruh negatif atau berbanding terbalik dengan Loyalitas Pelanggan jasa Go-Food di Surabaya sebesar -0,028. Sedangkan kualitas layanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,295. Namun disparitas harga dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan jasa Go-Food di Surabaya.
Kata kunci: disparitas harga, kualitas layanan, dan loyalitas pelanggan.
ABSTRACT
THE INFLUENCE OF PRICE DISPARITY AND QUALITY SERVICE TO THE CUSTOMER LOYALTY ON ONLINE TRANSPORTATION SERVICES
(Study on Go-Food Consumers in Surabaya)
Name : Hana Indria Ramadhani
SIN : 15080324009
Study Program : Business Education
Major : Economics Education
Faculty : Economics
Name of Institution : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Drs. Saino, M.Pd
The development of digital economy is very useful in transportation sector. With the online transportation helps societies activities become fast and efficient. Nowadays, the rapid development of transportation is Gojek. Gojek provides a feature of food delivery online as Go-Food.this research was conducted in order to be able to determine the effect of price disparity and quality services on loyalty Go-Food consumers in Surabaya.
The type of this research used is quantitative research. With the sampling techniques using nonprobability sampling with a purposive sampling. The number of samples in this study was 97 respondents. This study uses the method of Multiple Linear Regression Analysis.
The results showed that the variable price disparity had a negative influence or inversely proportional to the customer loyalty Go-Food service in Surabaya amounted to-0.028. While the quality service partially has a significant to the customer loyalty, the amount is 0,295. But the Price Disparity and Quality Service simultaneously significantly affect the customer loyalty of Go-Food services in Surabaya.
Keywords: price disparity, quality service, and costumer loyalty