Manajemen Komunikasi Objek Wisata Taman Ghanjaran Trawas Di Masa Pandemi Covid-19
Communication Management of Ghanjaran Park Tourism Objects During the Covid-19 Pandemic
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan manajemen komunikasi dalam konteks komunikasi pariwisata pada objek wisata Taman Ghanjaran di masa pandemi covid-19. Melalui manajemen wisata ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat menjalankan kembali aktivitas komunikasi pariwisata dalam hal memanajemen jangkauan pemasaran pariwisata serta memanajemen lembaga kepariwisataan yang terlibat sebagai upaya dalam menyikapi kondisi berwisata di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan jenis penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait dalam pengelolaan dan pengembangan wisata Taman Ghanjran Trawas, seperti kepala Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Ketua Unit Wisata, Staff/Karyawan Unit Wisata, dan Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen komunikasi dalam konteks komunikasi pariwisata untuk menjangkau target wisatawan di masa pandemi masih berjalan cukup efektif dengan melakukan pemetaan kembali segmentasi, targeting dan positioning yang terencana dengan baik dan melakukan inovasi-inovasi yang disesuaikan dengan kondisi saat ini yakni meliputi strategi pembagian zonasi- zonasi area wisata, melakukan bentuk kerjasama kolaborasi dengan pihak eksternal untuk mengontrol protokol kesehatan dalam berwisata, serta gencar melakukan promosi wisata dengan menggunakan saluran media sosial Instagram, tiktok, youtube, google bisnis, hingga memanfaatkan peran electronic word of mouth (e-wom) dari para pengunjung.
Kata Kunci: Manajemen Komunikasi, Komunikasi Pariwisata, Taman Ghanjaran Trawas
This study aims to identify and describe the application of communication management in the context of tourism communication at the Ghanjaran Park tourist attraction during the covid-19 pandemic. Through tourism management, this is done with the aim of being able to re- run tourism communication activities in terms of managing the reach of tourism marketing and managing tourism institutions involved as an effort to respond to traveling conditions during the covid-19 pandemic. This research uses case study method and qualitative research type. Data collection was carried out through in-depth interviews with relevant parties in the management and development of Ghanjran Trawas Park tourism, such as the head of the Village Owned Enterprise (BUMDes), the Head of the Tourism Unit, the Staff/Employees of the Tourism Unit, and the Head of the Joint Business Group (KUB). The results of this study indicate that the application of communication management in the context of tourism communication to reach tourist targets during the pandemic is still running quite effectively by mapping segmentation, targeting and positioning that is well planned and carrying out innovations that are adapted to current conditions which include strategies division of tourist area zonings, collaborating with external parties to control health protocols during travel, as well as aggressively promoting tourism by using social media channels Instagram, tiktok, youtube, google business, to utilizing the role of electronic word of mouth (e- wom) from the visitors.
Keywords: Communication Management, Tourism Communication, Ghanjaran Park Trawas,