ANALISIS TATA RIAS PENGANTIN BERCADAR PADA MEDIA INSTAGRAM
ANALYSIS OF BROADWORK BROUGHT IN INSTAGRAM MEDIA
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan detail tata rias pengantin bercadar dari media Instagram dan (2) menemukan karakter dan konsep kecantikan dari tampilan pengantin bercadar di media Instagram. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan dokumentasi. Obyek penelitian adalah tiga akun Instagram selebgram bercadar di Indonesia. Hasil dari penelitian ini, pertama, pemilik akun @wardahmaulina menggunakan pengantin adat aceh untuk golongan rakyat dengan busana pengantin dan cadar berwarna hitam serta trend make up Bold. Pemilik akun @sonia ristanti menggunakan adat aceh golongan ulee baling yaitu golongan raja/sultan berwarna merah serta cadar berwarna cokelat muda dengan trend make up arabican look. Pemilik akun @unialfi menggunakan tata rias pengantin internasional serta cadar berwarna putih menggunakan trend make up flawless. Kedua, Karakter yang dimunculkan pengantin bercadar terlihat dari wajah, tubuh, peran di ranah publik, dan peran di ranah domestik. Perempuan bercadar juga ingin dikatakan cantik meski tidak terlihat wajahnya. Kecantikan dalam persepsi perempuan bercadar adalah ketika dirinya berbuat baik, berucapan yang baik serta menunjukkan tingkah laku yang baik, karena kecantikan tidak untuk diperlombakan. Gaya kecantikan perempuan bercadar di Instagram memiliki ciri khas tersendiri seperti, busana yang digunakan fashionable dan menggunakan eye make up yang menonjolkan bagian mata.
This study aims to (1) describe the details of bridal veil makeup from Instagram media and (2) discover the character and concept of beauty from the appearance of veiled brides on Instagram media. This research method uses descriptive qualitative method. Data collection with documentation. The object of the research are three Instagram accounts covered with veils in Indonesia. The results of this study, first, the owner of the @wardahmaulina account uses aceh traditional bride for the people with a bridal dress and black veil and Bold makeup trends. The owner of @sionia ristanti account uses the custom of Aceh ace of the ulee baling group namely the king / sultan group that is red in color and a light brown veil with an Arabic make up trend. The @unialfi account owner uses international bridal makeup and a white veil using a flawless makeup trend. Second, the characters that appear by veiled brides are seen from their faces, bodies, roles in the public sphere, and roles in the domestic sphere. Veiled women also want to be called beautiful even though their faces are not visible. Beauty in the perception of veiled women is when they do good, speak well and show good behavior, because beauty is not to be contested. The style of female veiled beauty on Instagram has its own characteristics such as, fashionable clothes and eye makeup that accentuates the eyes.