Pengembangan Media Pembelajaran Mock Up Berbasis Audio pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Peserta Didik dengan Disabilitas Netra
Development of Audio-Based Mock Up Learning Media on Human Digestive System Material for Learners with Visual Disabilities
ABSTRAK
Nerri, Ida Alfa. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Mock Up Berbasis Audio Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Peserta Didik Disabilitas Netra. Tesis, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Endang Pujiastuti Sartinah, M.Pd., dan (II) Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd.
Kata Kunci: mock up berbasis audio, sistem pencernaan manusia, disabilitas netra
Pendidikan inklusif untuk peserta didik disabilitas tunanetra membutuhkan metode dan media pembelajaran yang inovatif dan efektif guna mendukung pembelajaran mereka. Namun, berdasarkan studi lapangan di SLB-A YPAB Surabaya tepatnya di kelas V, pembelajaran dilaksanakan cenderung dengan metode ceramah dan minimnya media pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar IPA yang masih tergolong rendah. Inovasi belajar sangat dibutuhkan dapat dari segi strategi maupun sarana sesuai gaya dan kebutuhan belajar peserta didik disabilitas netra yang menitik beratkan pada aspek taktil dan auditori. Oleh karena itu, pelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berupa mock up berbasis audio berbentuk tiga dimensi dengan menggabungkan metode taktil dan audio untuk membantu proses belajar peserta didik disabilitas netra.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan yang menerapkan model prosedural ADDIE. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) menghasilkan produk media pembelajaran mock up berbasis audio pada materi sistem pencernaan manusia untuk peserta didik disabilitas netra, (2) media pembelajaran mock up berbasis audio terbukti layak menurut ahli materi dengan prolehan nilai 97%, ahli media dengan perolehan 75% (3) media mock up berbasis audio praktis digunakan oleh peserta didik disabilitas netra, (4) media pembelajaran mock up berbasis audio cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar berdasarkan hasil uji Wilcoxon menggunakan SPSS25. Maka berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran mock up berbasis audio dapat meningkatkan kemampuan taktil dan hasil belajar peserta didik disabilitas netra untuk materi sistem pencernaan manusia pada mata pelajaran IPA.
ABSTRACT
Kata Kunci: audio-based mock up, human digestive system, visual impairment
Inclusive education for students with visual impairments requires innovative and effective learning methods and media to support their learning. However, based on field studies at SLB-A YPAB Surabaya, precisely in class V, learning is carried out tends to use the lecture method and the lack of learning media which has an impact on science learning outcomes which are still relatively low. Learning innovation is needed in terms of strategies and facilities according to the learning styles and needs of students with visual disabilities who emphasize tactile and auditory aspects. Therefore, this research aims to develop learning media products in the form of three-dimensional audio-based mock ups by combining tactile and audio methods to help the learning process of students with visual disabilities.
The research method used is Research and Development (R&D) with an approach that applies the ADDIE procedural model. The results of this research are: (1) produce audio-based mock up learning media products on human digestive system material for students with visual disabilities, (2) audio-based mock up learning media proved to be feasible according to material experts with a score of 97%, media experts with a score of 75% (3) audio-based mock up media is practical for use by students with visual disabilities, (4) audio-based mock up learning media is quite effective in improving learning outcomes based on the results of the Wilcoxon test.