Satya Lambari ialah karya tari yang diambil dari fenomena DewiGandari dalam cerita pewayangan Mahabharata Gandari adalah sosok perempuan yang merasa kecewa dan marah karena seharusnya Gandari menjadi hadiah bagi Raja Pandu tetapi karena rasa hormat Raja Pandu pada kakaknya yaitu raja Destrarastra akhirnya Gandari dihadiahkan pada Raja Destrarastra yang belum mempunyai istri dan dinobatkan sebagai Ratu di Hastinapura Meskipun Gandari marah dan kecewa karena tidak mendapatkan sesuai dengan keinginannya Gandari pun pasrah untuk menerima takdirnya dan mau tidak mau Gandari harus setia terhadap suaminya yaitu Raja Destrarastra Sejak saat itulah Gandari memutuskan untuk menutup matanya dengan secarik kain dan bersumpah untuk hidup dalam kegelapan sebagaimana yang dialami suaminya Pada karya dengan judul Satya Lambari penulis yang sekaligus menjadi koreografer memunculkan sebuah koreografi dengan variabel isi yaitu tentang kesetiaan Dewi Gandari yang dibentuk dalam sebuah tipe tari dramatik Koreografer tertarik dengan fenomena ini karena keputusan Gandari untuk menutup mata sebagaimana yang dialami suaminya adalah sebuah bentuk kesetiaan yang pada zaman sekarang sudah tidak ada yang mau melakukannya
Karya tari ini mempunyai relevansi dari karya tari dengan judul In Control yang diciptakan pada tahun 2016 Selain itu ada beberapa teori yang digunakan sebagai dasar mencipta antara lain teori ungkapan dari Teo Tolstoy teori kesetiaan oleh St Darmawijaya teori tipe dramatik menurut Jacquiline Smith YSumandiyo Hadi dan Sal Murgiyanto serta teori koreografi dari Sumandiyo Hadi dan Sal Murgiyanto Metode penciptaan karya tari ini menggunakan pendekatan kontruksi oleh Jacquiline Smith yang penciptaanya melalui beberapa proses yaitu eksplorasi improvisasi evaluasi dan komposisi
Karya tari Satya Lambari ini mempunyai sebuah rancangan kekaryaan untuk melangkah pada proses studio Tema yang dipilih yaitu kesetiaan dengan judul karya Satya Lambari yang berarti sebuah kesetiaan yang tulus dari Dewi gandari Sesuai dengan variabel bentuknya yaitu tipe tari dramatik maka mode penyajiannya diungkapkan secara simbolis representatif dengan memunculkan symbol simbol gerak sebagai penguatan suasana yang ingin disampaikan Koreografer menggunakan gaya Jawa Timuran etnis Mataram dengan iringan jenis musik pentatonis laras pelog dan diatonis yang digabungkan dan dimainkan secara bersamaan Sesuai dengan bentuk pertunjukannya yaitu dramatic koreografer memilih panggung prosenium sebagai arena pertunjukan dengan tata lampu yang sudah disesuaikan dengan adegan adegan yang ada pada karya tari ini Pendukung lainnya seperti tata rias dan busana juga sangat penting tata rias dan busana tari Satya Lambari ini menggunakan pendekatan pertunjukan tradisi Karya tari Satya Lambari ini juga menggunakan properti berupa rambut panjang yang dibuat dari benang wol berwarna hitam dikepang. Penggunaan properti tersebut digunakan sebagai penutup mata penari sebagai simbol kesetiaan Dewi Gandari
Dengan variabel isi dan variabel bentuk serta metode dan teori yang mendasari karya tari Satya Lambari ini dieksplorasi dan diimprovisasi berdasarkan metode menari dengan keadaan mata tertutup menggunakan properti rambut hitam Keadaan seperti itu berkaitan dengan menjaga keseimbangn yang ditimbulkan dengaan gaya gravitasi bumi serta konsentrasi penari dalam bergerak akan lebih diperhatikan karena hal tersebut adalah simbol yang sesuai dengan variabel isi yaitu ungkapan kesetiaan dengan diwujudkan variabel bentuk berupa tipe tari dramatik
In the work entitled Satya Lambari the writer who also became a choreographer gave rise to a choreography with content variables inspired by the Mahabharata story which is about Gandari's loyalty to the fate he got Choreographers are interested in this theme because today we rarely discuss it and almost nothing like that is done by the general public so that choreographers feel new things to be able to explore movements that have a meaning of loyalty This concept is visualized into something new with its variables namely the dramatic type of dance
Through several choreography theories by Satya Lambari this was created in his creative process to finalize his work concept The theories used include expression theory loyalty theory dramatic type theory and choreography theory The method of creating this dance work also uses the construction approach by Jacquiline Smith whose creation was through several processes namely exploration composition improvisation and evaluation
This Satya Lambari dance work has a work plan to step in the studio process The chosen theme is loyalty with the title of Satya Lambaris work which means a sincere loyalty from DewiGandari In accordance with the variable form namely the type of dramatic dance then the mode of presentation is symbolically represented by giving rise to motion symbols as a reinforcement of the atmosphere to be conveyed Choreographers use the Javanese Timuran style ethnic Mataram with accompaniment of pentatonic laras pelog and diatonic music which are combined and played simultaneously In accordance with the dramatic form of the show the choreographer chose the prosenium stage as the arena of the show with lighting that has been adapted to the scenes in this dance Other supporters such as makeup and clothing are also very important this Satya Lambari makeup and dance dress uses a traditional performance approach This Satya Lambari dance work also uses properties in the form of long hair made from black wool yarn braided The use of the property is used as a dancer's eye patch as a symbol of the loyalty of DewiGandari
With content variables and form variables as well as the underlying methods and theories this Satya Lambari dance work is explored and improvised based on dancing methods with closed eyes using black hair properties Such a situation is related to maintaining the balance generated by the gravitational force of the earth and the concentration of dancers in moving will be more attention because it is a symbol that is in accordance with the content variable namely the expression of loyalty by manifesting a form of dramatic dance type