Pengembangan ELSA 3D (E-Book 3D Berbasis Literasi Sians) pada Materi Suhu dan Kalor
Development of 3D ELSA (3D E-Book Based on Scientific Literacy) on Temperature and Heat
ELSA 3D (E-Book 3D Berbasis Literasi Sains) merupakan sebuah bahan ajar e-book yang mengintegrasikan literasi sains sebagai media dalam proses pembelajaran pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model Hannafin and Peck. Model hannafin and Peck diawali dengan analisis kebutuhan yang dilanjutkan dengan tahap desain dan pengembangan sehingga tercipta media ELSA 3D yang kemudian ditelaah oleh dosen ahli. ELSA 3D yang telah ditelaah dan direvisi kemudian divalidasi menggunakan lembar validasi untuk mengetahui kevalidan media ELSA 3D meliputi beberapa aspek. Kemudian dilakukan implementasi dengan melakukan proses pembelajaran menggunakan media ELSA 3D untuk menguji keefektifan dan kepraktisan media ELSA 3D. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan sebagai metode analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ELSA 3D yang telah dikembangkan memperoleh persentase validitas sebesar 93%, respon peserta didik terhadap ELSA 3D sebesar 96,3% dan observasi pelaksanaan pembelajaran sebesar 96,6%. Sehingga ELSA 3D dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran pada materi suhu dan kalor. Selain itu ELSA 3D termasuk dalam kategori sedang dengan N-gain sebesar 0,68 sehingga penggunaan ELSA 3D sebagai media pembelajaran dinyatakan efektif digunakan karena mampu meningkatkan kemampuan literasi sains.
Kata kunci: ELSA 3D, Literasi Sains, Suhu dan Kalor
ELSA 3D (E-Book 3D Based on Scientific Literacy) is an e-book teaching material that integrates scientific literacy as a medium in the learning process on temperature and heat materials. This type of development research uses the Hannafin and Peck model. The Hannafin and Peck model begins with a needs analysis followed by the design and development stage to create 3D ELSA media which expert lecturers then review. The 3D ELSA that has been reviewed and revised is then validated using a validation sheet to determine the validity of the 3D ELSA media covering several aspects. Then the implementation is carried out by conducting a learning process using 3D ELSA media to test the effectiveness and practicality of 3D ELSA media. Quantitative descriptive analysis was used as the method of analysis. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that the 3D ELSA that has been developed has a validity percentage of 93%, the response of students to the 3D ELSA is 96.3%, and the observation of learning implementation is 96.6%. So that the 3D ELSA is declared to be very valid and suitable to be used as a medium in the learning process on temperature and heat material. In addition, 3D ELSA is included in the medium category with an N-gain of 0.68, so using 3D ELSA as a learning medium is declared effective because it can improve scientific literacy skills.
Keywords: 3D ELSA, Scientific Literacy, Temperature and Heat