Analisis Penyelesaian Masalah Aljabar Dengan Pendekatan Onto Semiotik Ditinjau Dari Kemampuan Matematika
Analyze Algebra Problem Solving With Onto Semiotic Approach Review of Mathematical Ability
ABSTRAK
Amin, M. Eris Isthoriq Al. 2020. Analisis Penyelesaian Masalah Aljabar Dengan Pendekatan Onto Semiotik Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dwi Juniati, M.Si dan (II) Dr. R. Sulaiman, M.Si.
Kata-kata Kunci: Pendekatan Onto-semiotik, Kemampuan Matematika.
Tujuan dari penelitian ini adalah analisis menggunakan pendekatan onto semiotik pada penyelesaian masalah aljabar siswa. Enam entitas dari onto semiotik sebagai alat untuk menganalisis, yaitu situasi masalah, bahasa, definisi, prosedur, proposisi dan argumen.
Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dan instrumen pendukung adalah tes kemampuan matematika (TKM), tes pemecahan masalah (TPM I & II), dan pedoman wawancara. Penelitian dilakukan di MTs Unggulan PP. Amanatul Ummah Surabaya tahun ajaran 2018-2019. Peneliti memilih kellas IX-B2 yang terdiri dari 16 siswa dengan jenis kelamin yang sama. Seluruh siswa diberi tes kemampuan matematika. Berdasarkan hasil tes tersebut, diambil 3 siswa yang memenuhi, yaitu 1 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 1 siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan 1 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Ketiga subjek kemudian diberi tes pemecahan masalah (I dan II) dan wawancara berbasis tugas. Selanjutya hasil TPM tersebut dianalisis menggunakan pendekatan onto semiotik.
Hasil penelitian menunjukkan siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi menunjukkan hasil yang benar di setiap aspek onto semiotik, tetapi ada salah satu aspek bahasa yang kurang penjelasannya. Siswa dengan kemampuan matematika menunjukkan hasil yang benar aspek onto semiotik, akan tetapi ada aspek bahasa yang kurang penjelasannya, yaitu tanpa mengunakan kesimpulan. Siswa dengan kemampuan matematika rendah menunjukkan jawaban yang benar pada aspek proposisi, dan argumen, sedangkan aspek yang lain ada yang tidak terjawab atau kurang tepat.
ABSTRACT
Amin, M. Eris Isthoriq Al. 2019. Analyze Algebra Problem Solving With Onto Semiotic Approach Review of Mathematical Ability. Thesis, Mathematics Education Program, Postgraduate Universitas Negeri Surabaya. Supervisors: (I) Prof. Dr. Dwi Juniati, M.Si dan (II) Dr. R. Sulaiman, M.Si.
Keywords: Onto Semiotic Approach, Mathematical Ability.
The purpose of this study is an analysis using a onto-semiotic approach on students' algebraic problem solving. Six entities from onto semiotics as a tool to analyze, namely the problem situation, language, definitions, procedures, propositions and arguments.
The main instruments in this study are researchers and supporting instruments are the mathematics ability test (TKM), the problem solving test (TPM I & II), and interview guidelines. The study was conducted at MTs Unggulan PP. Amanatul Ummah Surabaya academic year 2018-2019. Reseearcer took the student of class IX-B2 were consisting of 16 students of the same sex. All students are given a mathematical ability test. Based on the results of these tests, Then we take 3 students who fulfilled the subjects, namely 1 student with high mathematical ability, 1 student with medium mathematical ability, and 1 student with low mathematical ability. The three subjects were then given a problem solving test (I and II) and a task-based interview. Next, the TPM results were analyzed using a semiotic approach
The results showed students who have high mathematical abilities showed right answer of all the aspects of onto semiotics aspect, but there is a lack of language aspects. Students with mathematical abilities showed right answer of all the aspects of onto semiotics aspect, but there is a lack of language aspects, namely without using conclusion. Students with low mathematical abilities showed right answer on propositions and arguments aspect, while other aspect are missed or not quiet right.