Perancangan Referensi Gaya Berpakaian Thrifting Melalui Feed Instagram
The Planning Reference of Thrifting Dressing Style from Instagram Feeds
Fenomena anak muda di Surabaya yang terpengaruh dengan adanya perusahaan fast fashion yang mudah dijangkau di mall-mall besar di Surabaya seperti H&M, ZARA, TopShop serta spill fashion TikTok membuat jumlah produk fashion menjadi berlimpah dan membawa dampak buruk pada lingkungan. Thrifting adalah sebuah kegiatan membeli barang bekas terutama pakaian dengan tujuan membantu mengurangi pencemaran lingkungan yang dihasilkan oleh kegiatan fast fashion serta dapat membantu untuk berhemat membeli pakaian baru. Tujuan dari perancangan ini adalah bagaimana merancang sebuah desain konten referensi daily outfit menggunakan pakaian bekas hasil thrifting yang sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat yang diunggah melalui platform Instagram. Hal ini dibuat sebagai bentuk informasi kepada masyarakat bahwasannya menggunakan pakaian bekas bukanlah sesuatu yang memalukan dan masih dapat terlihat stylish. Penelitian dalam perancangan ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan metode analisis data 5W+1H. Hasil dari perancangan yang diberikan adalah suatu aplikasi berupa foto dan desain dalam bentuk feed Instagram yang fungsinya untuk membuat anak muda di Surabaya semakin tertarik dengan kegiatan thrifting dengan menampilan referensi-referensi gaya berpakaian menggunakan pakaian bekas.
The phenomenon of Surabaya youngster who influenced by fast fashion industries that are getting easier to get in big malls in Surabaya like H&M, ZARA, TopShop also the effect of spilling outfit in Tiktok make the amount of fashion products become abundant and damaging environment. Thrifting is an activity of buying used staff especialy fashion related with to help reducing the environmental problems caused by fast fashion indusrties also helps saving money to spend on new outfit. The purpose of this planning research is designing a content that containing daily outfit references using thrifting product. The content used as a form of information to shows to people that thrifting products is a not something to shame about and still able to look stylish. Qualitative and analysis metode is used in this research. The result of this research is an application of photography and design reference of styling outfits using thrift products to appeal Surabaya youngsters with thrifting activity.