Batik Indonesia memiliki perkembangan yang luar biasa di dalam maupun luar negeri, batik mampu bersaing sengan pasar internasional dan mampu menguasai pasar dunia pada tahun 2017. Hingga saat ini daya saing industri batik semakin kompetitif dan komperatif. Batik Indonesia sediri memiliki banyak ragamnya, seperti Batik Gedog yang berasal dari Kabupaten Tuban sendiri terkenal dengan dengan motifnya yang khas dan unik. Inovasi produk dilakukan oleh para pelaku IKM demi memberikan ide-ide baru dan segar serta kekinian dan mengikuti perkembangan jaman. Selain itu peran social media marketing dalam penjualan Batik Gedog membantu pelaku IKM dalam memasarkan produknya hingga keluar daerah.
Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan menggunakan metode sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden dengan teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16,0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel inovasi produk (X1) berpengaruh secara positif terhadap sales performance dengan presentase sebesar 7,5% akan tetapi tidak signifikan. Hasil penelitian menunjukkan variabel social media marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap sales performance dengan presentase sebesar 38,9%. Secara simultan variabel inovasi produk dan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap sales performance pada IKM Batik Gedog dengan presentase sebesar 49,2%.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Social Media Marketing, Sales Performance
Batik Indonesia has incredible growth in domestic and international.Batik can compete against international market dan dominated world market on 2017. Present day, the competition on batik industrial being more competitive and comparative.Batik Indonesia has many kind of type, such as batik gedok. Batik Gedok born on small city in Indonesia called Tuban. Batik gedok has special and unique motive, its make batik gedok very famous.IKM always bring innovation to improve the batik product to be more valuable and following trend of the years. Beside of that, social media advertising is best choice to help IKM selling batik product from domestic to international.
This research is using quantitive research with descriptive apporach, the kind of methods to collect sample's using non probabillity sampling with saturated sampling method. The sample of research has 30 respondent person using several data collection method. Such as, observation, interview, and questioner. Analytic data technic using SPSS 16,0.
The result of research show us that variable product innovation give positive impact to sales performance with percentage amount 7,5% but its not significant impact. The result of research, show us about social media marketing variable give positive and significant impact to sales performance with percentage amount 38,9%. According to simultaneous variable product innovation and social meda marketing give positive impact to sales performance on IKM Batik Gedog with percentage amount 49,2%.