Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK MAHASISWA IKOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR RENANG PERBAIKAN (REMEDI)
Kode Dokumen
:
0072/FIO-IKOR/2021
Penulis Utama
:
DIMAS ACHMAT AFRIDO
NIM Penulis Utama
:
17060484122
Tahun
:
2021
Judul ID
:
HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK MAHASISWA IKOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR RENANG PERBAIKAN (REMEDI)
Judul EN
:
THE RELATIONSHIP OF INTRINSIC AND EXTRINSIC MOTIVATION OF IKOR STUDENTS ON THE ACHIEVEMENT OF IMPROVING SWIM LEARNING (REMEDY)
Sumber
:
UNESA - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan - Jurusan S1 Ilmu Keolahragaan - 17060484122 - 2021
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Abstrak
Latar Belakang:
Motivasi merupakan salah satu bagian terpenting dalam manusia, untuk mencapai apa yang di targetkan. Dengan adanya motivasi, seseorang dapat mendorong dirinya untuk mencapai apa yang di targetkan dengan hasil yang maksimal.
Motivasi dalam segi sudut pandang pribadi seseorang ada Intrinsik dan Ekstrinsik.
Tujuan:
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi mahasiswa dalam mengikuti perbaikan nilai mata kuliah renang di masa pandemi dan motivasi apa yang lebih dominan dalam diri mahasiswa.
Metode:
Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan menggunakan angket/kuesioner untuk pengambilan datanya. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti perbaikan nilai mata kuliah renang kelas 2016 T Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya.
Hasil:
Dari hasil korelasi variabel motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap prestasi belajar mahasiswa perbaikan nilai kelas 2016 T sangat rendah. Dan dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap prestasi belajar. Tetapi dalam persentase data kuesioner motivasi intrinsik lebih dominan. Dan menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengambil mata kuliah renang perbaikan nilai kelas 2016 T mengikuti atas kemauannya sendiri dan berkeinginan untuk merubah nilai agar lebih baik dari sebelumnya.
Kesimpulan:
Hal tersebut menunjukkan hasil hubungan motivasi intrinsik dan ekstrinsik mahasiswa IKOR terhadap prestasi belajar renang perbaikan (remedi) tidak signifikan. Tetapi motivasi yang lebih dominan dalam diri mahasiswa perbaikan nilai yaitu motivasi intrinsik.
Kata kunci: Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Prestasi Belajar
Abstrak EN
:
Abstract
Background: Motivation is one of the most important parts in humans, to achieve what is targeted. With motivation, a person can push himself to achieve what is targeted with maximum results. Motivation in terms of a person's personal point of view there are Intrinsic and Extrinsic. Objective: Based on this background, this study was to determine the motivation of students in participating in improving the value of swimming courses during the pandemic and what motivation is more dominant in students. Methods: This study uses a correlational method by using a questionnaire/questionnaire for data collection. The sample of this study was students who took part in improving the value of the 2016 T class swimming course, Faculty of Sports Science, State University of Surabaya. Results: From the results of the correlation between intrinsic and extrinsic motivation variables on student achievement, the improvement in the 2016 T grade is very low. And from these results it can be concluded that there is no significant relationship between intrinsic and extrinsic motivation on learning achievement. But in the percentage of questionnaire data intrinsic motivation is more dominant. And shows that students who take swimming courses to improve grades in 2016 T follow on their own accord and wish to change their grades to be better than before. Conclusion: This shows that the results of the relationship between intrinsic and extrinsic motivation of IKOR students on improvement in swimming learning achievement (remedies) are not significant. But the motivation that is more dominant in the student's self-improvement value is intrinsic motivation.
Keywords: Intrinsic Motivation, Extrinsic Motivation, Learning Achievement
Tautan Artikel
File Abstrak
File Lampiran