Media pembelajaran adalah adalah
alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga makna pesan yang
disampaikan menjadi lebih jelas dan tujuan pendidikan atau pembelajaran dapat
tercapai dengan efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengasilkan media pembelajaran yang layak, diukur dengan kriteria antara lain:
(1) Mengetahui pengembangan Aplikasi Edukasi Menggunakan Lectora Inspire Demo untuk
Programable Logic Control Dipadukan Dengan Ladder Simulator di SMK Negeri 7 Surabaya (2) Kelayakan Aplikasi
Edukasi Menggunakan Lectora Inspire Demo
untuk Programable Logic Control
Dipadukan Dengan Ladder Simulator di
SMK Negeri 7 Surabaya
Penelitian
ini menggunakan tipe Research and Development (R&D), tidak semua tahapan
R&D dilakukan di penelitian ini. Hanya tahap pertama sampai tahap ketujuh
yang meliputi: (1) Analisis potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3)
Desain produk, (4) Revisi desain, (5) Validasi produk, (6) Ujicoba produk, (7)
Revisi produk.
Berdasarkan
hasil penelitian pengembangan aplikasi, d engan bermacam – macam fungsi kegunaan
dan dengan tampilan menarik, bagi SMK Negeri 7 aplikasi ini bagus dalam
penampilannya serta dapat menimbulkan rasa minat belajar, proses belajar jadi
sangat mudah dan inovatif tidak selalu menggunakan buku. Dari empat validator yang menilai kelayakan aplikasi memiliki
nilai rata-rata akhir
4,3, atau dengan hitungan persen sebesar 86% dan dari hasil angket siswa
beserta guru dengan nilai rata – rata 4,15 di dalam hitungan persen menjadi
82,8 % dinyatakan valid.
Kata kunci : validitas
media pembelajan, tipe penelitian, respon siswa.