Berbahasa
merupakan suatu keterampilan yang penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Berbahasa dapat diajarkan pada peserta didik melalui kegiatan berdiskusi dan
mengembangkan pendapat. Berdiskusi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan
bersama-sama atau dalam tim secara teratur dan terarah untuk memecahkan sebuah
masalah. Dalam memecahkan sebuah masalah dilakukan usaha untuk mencari gagasan
atau pendapat yang kemudian dikembangkan dalam bentuk informasi sebagai solusi
dan penjelasan yang lebih luas atas masalah yang diterima.
Metode
pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi dan
mengembangkan pendapat dalam pembelajaran teks eksposisi pada penelitian ini
adalah metode Think Pair Share (TPS) yang
dibantu dengan media Handmade Greeting
Card. Metode Think Pair Share (TPS) adalah
salah satu metode dalam pembelajaran kooperatif yang memberi peserta didik
lebih banyak waktu untuk berpikir, merespon, dan saling membantu dalam
memberikan informasi. Metode Think Pair
Share (TPS) akan diterapkan dengan sebuah media pembelajaran berbentuk
menyerupai kartu ucapan yang terbuat dari kertas berbahan tebal dan berwarna
kemudian dihias dengan menarik.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh metode Think Pair Share (TPS) yang dibantu dengan media pembelajaran Handmade Greeting Card terhadap
kemampuan berdiskusi dan mengembangkan pendapat dalam pembelajaran teks
eksposisi pada peserta didik kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri
1 Sooko, Mojokerto, dan (2) respon peserta didik kelas X Bisnis Daring dan
Pemasaran di SMK Negeri 1 Sooko, Mojokerto terhadap penerapan metode Think Pair Share (TPS) yang dibantu
dengan media pembelajaran Handmade
Greeting Card untuk kemampuan berdiskusi dan mengembangkan pendapat dalam
pembelajaran teks eksposisi.
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data
dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan kuesioner atau angket. Teknik tes
digunakan untuk memeroleh data kuantitatif mengenai kemampuan berdiskusi dan
mengembangkan pendapat dalam pembelajaran teks eksposisi, sedangkan teknik
kuesioner atau angket digunakan untuk mengetahui respon peserta didik mengenai
penerapan metode Think Pair Share (TPS) yang
dibantu dengan media pembelajaran Handmade
Greeting Card dalam pembelajaran teks eksposisi.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes
awal dan tes akhir pada kelas kontrol 47,72 dan 61,85, sedangkan pada kelas
eksperimen diperoleh 51,97 dan 78,66. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya
pengaruh yang positif dari penerapan metode Think
Pair Share (TPS) berbantuan media Handmade
Greeting Card. Hasil
yang diperoleh melalui Uji-T sebesar 9,03 dan menunjukkan bahwa nilai t lebih
besar dari t0 (9,03 > 1,67).
Respon peserta didik untuk variabel bebas dan variabel terikat diperoleh persentase
jawaban untuk masing-masing sejumlah 83,44% dan 82,53%. Artinya, peserta didik
sangat antusias, nyaman, dan sangat
menyukai pembelajaran yang diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
metode Think Pair Share (TPS) yang
dibantu dengan media pembelajaran Handmade
Greeting Card dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi dan
mengembangkan pendapat dalam pembelajaran teks eksposisi peserta didik kelas X
Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Sooko, Mojokerto.
Kata
Kunci: Think Pair Share, Berdiskusi, Mengembangkan Pendapat