ANALISIS LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMP PADA SEKOLAH BERKURIKULUM WAWASAN LINGKUNGAN
ANALYSIS OF STUDENT ENVIRONMENTAL LITERATION IN JUNIOR HIGH SCHOOLS WITH ENVIRONMENTAL CURRICULUM
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi lingkungan siswa pada sekolah yang menerapkan kurikulum berbasis lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 75 siswa kelas VIII dan guru IPA di sekolah berkurikulum wawasan lingkungan yaitu SMP Negeri 16 Surabaya. Instrumen penelitian menggunakan lembar soal tes, angket, dan wawancara, dengan teknik pengambilan data berupa teknik tes menggunakan soal yang sudah divalidasi, teknik angket, dan wawancara. Data penelitian dianalisis secara deskriptif berdasarkan kriteria skor pencapaian masing-masing indikator literasi lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi lingkungan siswa SMP Negeri 16 Surabaya pada indikator pengetahuan memiliki persentase 46.3% dengan kategori cukup baik, kemampuan kognitif memiliki persentase 36.7% dengan kategori kurang baik, sikap siswa terhadap lingkungan memiliki persentase 79.5% dengan kategori baik, dan perilaku siswa terhadap lingkungan memiliki persentase 79.0% dengan kategori baik.
Kata kunci : Literasi, Lingkungan, Kurikulum
This study aims to describe the environmental literacy skills of students in schools that apply an environment curriculum. The type of research used is descriptive with a quantitative approach. The subjects in this study were 75 students of eight class and science teachers in schools with an environmental curriculum, namely SMP Negeri 16 Surabaya. The research instrument used test question sheets, questionnaires, and interviews. Data collection techniques were test techniques using validated questions, questionnaire techniques, and interviews. The research data were analyzed descriptively based on the achievement score criteria of each indicator of environmental literacy. The results showed that student's environmental literacy skills of SMP Negeri 16 Surabaya on the indicators of knowledge had a percentage of 46.3% with a fairly good category, cognitive abilities had a percentage of 36.7% in a bad category, students' attitudes towards the environment had a percentage of 79.5% in a good category, and student behavior towards the environment has a percentage of 79.0% in a good category.
Keywords: Literacy, Environment, Curriculum