Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini masyarakat mempunyai banyak alternatif sebagai pilihan untuk mencari hiburan, salah satunya melalui industri perfilman. Tidak dapat dipungkiri bahwa bioskop saat ini mulai ramai dikunjungi karena adanya film-film baru yang sangat berpotensi untuk menarik perhatian konsumen sebagai salah satu alternatif yang dapat dipilih dari berbagai macam jenis hiburan yang ditawarkan. Berbagai macam film yang telah memasuki pasar Indonesia, terdapat dua macam bentuk film yaitu film sekuel atau film yang berkelanjutan alur ceritanya dan film fin yang merupakan film dengan satu penyelesaian saja. Salah satu film sekuel Hollywood yang masuk kedalam pasar industri perfilman Indonesia yaitu film sekuel Fast and Furious. Fast and Furious telah memiliki delapan sekuel dan akan merilis sekuel terbarunya yang kesembilan. Disetiap sekuelnya, Fast and Furious mendapati antusiasme penonton yang cukup tinggi. Hal tersebut terbukti dengan peningkatan jumlah penonton pada setiap sekuelnya. Namun tidak sejalan dengan peningkatan jumlah penonton disetiap sekuelnya, Fast and Furious mendapatkan rating film yang tidak signifikan atau naik turun jumlah rating yang didapatkan pada setiap sekuelnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan membahas pengaruh customer experience terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction sebagai variabel intervening pada film sekuel.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode judmental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 220 orang. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen berusia 17 tahun ke atas yang telah menonton dan mengikuti sekuel film Fast and Furios dari sekuel kedelapan. Skala pengukuran menggunakan skala rating. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner online. Analisis data dengan menggunakan path analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan customer experience terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction. Penelitian ini sekaligus memberikan kontribusi bagi industri perfilman Indonesia, khususnya film sekuel untuk lebih memberikan alur cerita yang mampu meningkatkan pengalaman penonton, dan memperhitungkan rentang waktu rilis dari sekuel satu ke sekuel berikutnya. Sehingga diharapkan film sekuel Indonesia memiliki jumlah sekuel lebih banyak dan tetap diminati oleh penonton.
Kata Kunci : Customer experience, customer satisfaction, dan repurchase intention.
As a rapid rising and development of technology, nowdays people have many alternative as preferences to look for entertainment, one of them is trhough movie industry. It can not be denied that a cinema today starts to be crowdedly visited due to new movies which are really potential to attract customers attention as one of alternatives that can be chosen of all kinds of entertainments offered. Many kinds of movies have entered Indonesia’s market, there are two kinds of movies they are sequel movie or a continued plot movie and fin movie that is a movie with only one settlement. One of Hollywood sequel movies come to Indonesia’s movie industry is Fast and Furious sequel movie. It has eight sequels and it will launch the latest one. In each sequel, it gets high enthusiasm from the audiences. It can be seen from the enhancement of audience quantity in each sequel. Nevertheless, unlike its enhancement of audience quantity, it gets insignificant or up and down rating quantity in each sequel. The also of this research are to analyze and discuss about the effect of customer experience towards repurchase intention through customer satisfaction as an intervening variable in a sequel movie.
The used sample taking technique is non-probability sampling with judgmental sampling method. The samples are 220 people. The repondents of this research are more than 17 years old customers who have watched and followed Fast and Furious movie sequel from the eight sequel. The measurement scale of this study uses rating scale. Data collection technique used is online questionnaire. Data analysis uses path analysis.
The result of this study shows that there is a significant effect of customer experience towards repurchase intention through customer satisfaction. This research also gives a contribution for Indonesia’s movie industry, particularly sequel movies to provide plots that can increase the audiences satisfaction and to count the launch time period from one sequel to the next sequel. As a result, hopefully Indonesia’s sequel movies have much more sequels and still interesting for the audiences.
Keywords : Customer experience, customer satisfaction, and repurchase intention.