ABSTRAK
Eka
Cahyadi ,
2020. Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri dan Group Investigation Pada Pembelajaran PJOK Terhadap Partisipasi Dan
Berpikir Kritis Siswa SMPN 4 Pamekasan. Pembimbing (1) Dr. Agus Hariyanto, dan
(2) Dr. Dwi Cahyo Kartiko,M.Kes.
Kata-kata Kunci :
Metode Inkuiri, Group Investigation ,
Partisipasi, Berpikir Kritis.
Penelitian
ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis adalah: (1) Menganalisa pengaruh
penerapan metode inkuiri terhadap partisipasi dan berpikir kritis Siswa SMPN 4
Pamekasan; (2) Menganalisa pengaruh penerapan group investigation terhadap partisipasi dan berpikir kritis Siswa
SMPN 4 Pamekasan; (3) Menganalisa pengaruh penerapan metode inkuiri dan group investigation terhadap partisipasi
dan berpikir kritis Siswa SMPN 4 Pamekasan.
Desain
penelitian ini meggunakan non randomized
control group pretest-posttest design untuk mengetahui peningkatan
partisipasi dan berpikir kritis.
Hasil
penelitian menunjukkan grafik partisipasi pada kelompok Inkuiri meningkat
sebesar 5,0%, pada kelompok Group
Investigation sebesar 7,3%, dan pada kelompok kontrol sebesar 3,6%. Grafik
berpikir kritis menunjukan peningkatan sebesar 8,8% pada kelompok Inkuiri,
15,2% pada kelompok Group Investigation ,
dan 1,4% pada kelompok Kontrol. Uji beda paired
sample t test kelompok Inkuiri (0,006), Group
Investigation (0,000), pada kelompok kontrol (0,052), pada kelompok
penelitian menunjukkan nilai < 0,05, maka ditolak, sedangkan kelompok kontrol
menunjukkan nilai > 0,05, maka diterima, yang berarti ada perbedaan
partisipasi pada pretest dan posttest ketiga kelompok tersebut. Uji paired sample t test pada berpkir
kritis kelompok Inkuiri (0,000), Group
Investigation (0,000) menghasilkan < 0,05 maka ditolak sehingga ada perbedaan yang signifikan
pada berpikir kritis siswa, sedangkan kelompok kontrol (0,327) tidak.
Berdasarkan hasil diatas disimpulkan bahwa metode
pembelajaran inkuiri dan group
investigation terhadap partisipasi
di SMPN 4 pamekasan, terdapat pengaruh yang signifikan pada kelas yang di ambil
sampelnya, tapi yang lebih signifikan pada kelas group investigation.