Development of Blended Learning Tools to Improve Critical Thinking Skills in Elementary School Students
ABSTRAK
Anggraeni, Yunita. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa SD. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suryanti., M.Pd., dan (II) Dr. Zainal Arifin Imam Supardi, M.Pd.
Kata-Kata Kunci: Blended Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran blended learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa SD, yang meliputi: (1) Kevalidan model blended learning untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa SD, (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran blended learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, serta untuk mengetahui (3) Efektivitas perangkat pembelajaran blended learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan eksperimen murni (true experimental) dengan rancangan Posttest - only control design, yaitu dalam design ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R). Kelompok pertama pada kelas V B diberi perlakuan (X) berupa pembelajaran blended learning agar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis disebut kelompok eksperimen. Sedangkan kelompok kedua pada kelas V A yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol. Adapun design penelitian ini menurut Sugiyono (2008:112).
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jajartunggal III/ 452 Surabaya. Penelitian ini berfokus pada Kelas V A dan V B. Sehingga objek penelitian pengembangan dalam penelitian ini adalah Pengembangan model blended learning terhadap peningkatan kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa, dan yang dijadikan sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A sebanyak 15 siswa dan V B sebanyak 16 siswa. Serta dilakukan penelitian selama 1 minggu. Pada pelaksanaan ujicoba tes keterampilan berpikir kritis dilaksanakan pada kelas V A dan V B.
Data penelitian ini berfokus pada hasil analisis kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa dan kemampuan hasil belajar siswa SD. Yang diolah dan dianalisis dengan rumus uji T- test satu pihak dengan menggunakan SPSS. Hasil T-Test kelompok independent pada kelas 5 A dan 5 B nilai Sig (2-tailed = 0,000) lebih kecil dari level signifikan (a = 0,05) sehingga hasil dari pengukuran keterampilan berpikir kritis adalah signifikan. Rata-rata hasil Posttest kemampuan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik kelas 5 A ialah 64,33, Sedangkan rata-rata hasil Posttest kemamapuan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik kelas 5 B ialah 86,25.
ABSTRACT
Anggraeni, Yunita. 2021. Development of Blended Learning Tools to Improve Critical Thinking Skills in Elementary School Students. Thesis, Basic Education Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Prof. Dr. Suryanti., M.Pd., and (II) Dr. Zainal Arifin Imam Supardi, M.Pd.
Keywords: Blended Learning, Critical Thinking Skills, Student Learning Outcomes
.
This study aims to develop blended learning learning tools to improve critical thinking skills in elementary school students, which include: (1) the validity of the blended learning model to improve the critical thinking skills of elementary school students, (2) the practicality of blended learning learning tools to improve critical thinking skill, and to find out (3) the effectiveness of blended learning tools to improve students' critical thinking skills.
This research is a true experimental study with a Posttest - only control design, namely in this design there are two groups, each of which is selected randomly (R). The first group in class V B was given treatment (X) in the form of blended learning in order to improve critical thinking skills called the experimental group. While the second group in class V A that was not treated was called the control group. The design of this research according to Sugiyono (2008:112).
This research was conducted at SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. This research focuses on Class V A and V B. So that the object of development research in this research is the development of a blended learning model to improve students' critical thinking skills, and the subjects of this research are 15 students in class V A and 16 students in V B. And the research was conducted for 1 week. In the implementation of the critical thinking skills test, it was carried out in class V A and V B.
This research data focuses on the results of the analysis of students' critical thinking skills and elementary school students' learning outcomes. Processed and analyzed by the one-party T-test formula using SPSS. The results of the independent group T-Test in grades 5 A and 5 B Sig (2-tailed = 0.000) is smaller than the significant level (a = 0.05) so that the results of measuring critical thinking skills are significant. The average posttest results of critical thinking skills in grade 5 A students is 64.33, while the average posttest results for critical thinking skills in grade 5 B students is 86.25.