PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY HYDROELECTRIC (VIRRIC) SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGAJARKAN PESERTA DIDIK MATERI ENERGI TERBARUKAN
DEVELOPMENT OF VIRTUAL REALITY HYDROELECTRIC (VIRRIC) AS A MEDIA FOR TEACHING STUDENTS ABOUT RENEWABLE ENERGY
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis VR untuk mengajarkan energi terbarukan dengan nama virtual reality hydroelectric (VIRRIC). Kelayakan dari media ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek uji coba media adalah peserta didik kelas X-I MAN 1 Jombang menggunakan desain uji coba one group pre-test post-test. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji t-berpasangan, dan perhitungan n-gain. Hasil penilaian oleh ahli media memperoleh nilai validitas sebesar 0,87 sehingga dinyatakan sangat valid. Selain itu, perangkat pembelajaran, pedoman penggunaan, lembar observasi, dan angket respon mendapatkan validitas sebesar 0,94. Media dinyatakan sangat praktis berdasarkan penilaian dari 3 pengamat dengan skor 0,88. Efektivitas media VIRRIC jika ditinjau dari hasil belajar peserta didik, dinyatakan efektif dengan perbedaan rata-rata yang signifikan (𝛼=0.05) dengan n-gain 0,443 kategori sedang. Sebanyak 93% peserta didik memperoleh gain sedang, sedangkan 3% sisanya mendapatkan gain rendah. Apabila efektivitas ditinjau dari respon peserta didik, setelah pembelajaran menggunakan media VIRRIC mendapatkan nilai 0,76 dengan kategori respon yang baik. Berdasarkan hasil analisis secara keseluruhan, media VIRRIC dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran serta diteliti lebih lanjut dengan pengembangan lainnya dan uji coba dengan skala lebih luas.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Virtual Reality, Energi Terbarukan.
The aim of this research is to develop VR-based learning media, named Virtual Reality Hydroelectric (VIRRIC), for teaching renewable energy. The feasibility of the media is evaluated based on validity, practicality, and effectiveness. The development of this learning media follows the ADDIE model, encompassing analysis, design, development, implementation, and evaluation. The trial involves students of class X-I at MAN 1 Jombang using a one-group pre-test post-test trial design. Data is gathered through questionnaires, observations, and tests and analyzed using descriptive statistics, paired t-tests, and n-gain calculations. The expert assessment yields a validity score of 0.87, signifying high validity. Additionally, the learning tools, user guides, observation sheets, and response questionnaires also achieve a high validity score of 0.94. The media is considered highly practical based on assessments from three observers with a score of 0.88. In terms of effectiveness, the VIRRIC media demonstrates significant average difference (α=0.05) and a moderate n-gain of 0.728, indicating its efficacy in improving learning outcomes. Notably, 93% of students achieved moderate gains, while the remaining 3%% attained low gains. When the effectiveness is assessed based on students' responses, the post-learning evaluation using VIRRIC media yields a score of 0.76, categorizing the response as positive. Overall, the analysis confirms the suitability of VIRRIC media for learning purposes and suggests further research involving additional developments and trials on a broader scale.
Keywords : Learning Media, Virtual Reality, Renewable Energy.