Hubungan Persepsi Guru Dalam Pembelajaran Tatap Muka Dengan Kemandirian Pada Anak Usia 5-6 Tahun
The Relationship Of Teachers' Perceptions In Face-To-Face Learning With Independence In Children Aged 5-6 Years
Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan antara persepsi guru dalam pembelajaran tatap muka dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yaitu kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ialah seluruh guru TK di kecamatan Waru, kabupaten Sidoarjo berjumlah 464 dengan lembaga sekolah yang ada di kecamatan Waru berjumlah 102. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling sehingga sampel yang didapatkan sejumlah 70 guru. Metode survei dalam bentuk kuesioner adalah teknik pengumpulan data yang digunakan. Teknik Analisis data terdiri dari: uji validitas dengan rumus Product Moment, uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach dan uji korelasi dengan rumus Pearson Correlation. Perhitungan dengan rumus Pearson Correlation bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak hubungan signifikan antara persepsi guru dengan kemandirian anak. Berdasarkan perhitungan uji korelasi, didapatkan r hitung 0,598 dan r tabel dengan taraf signifikan 5% = 0,198 dengan kata lain r hitung > r tabel (0,598 > 0,198) maka bisa disimpulkan terdapat hubungan cukup kuat antara persepsi guru dengan kemandirian anak. Selain itu hasil penelitian keseluruhan data menunjukkan nilai mean dengan nilai 3.3, sedangkan pada nilai data median dan modus memperoleh nilai sebesar 3. Pada hasil penelitian terlihat jika lembaga sekolah yang memiliki akreditasi A memiliki nilai rata-rata sebesar 83, sedangkan sekolah yang akreditasi B memiliki rata-rata sebesar 86. Maka temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata penerapan persepsi guru mengenai kemandirian pada lembaga yang terakreditasi B lebih baik dari lembaga sekolah yang terakreditasi A. Sehingga hasil penelitian ini lebih menekankan pada sistem pembelajaran tatap muka dengan melihat kemandirian anak usia 5-6 tahun ditinjau dari persepsi guru.
Kata Kunci: persepsi guru, pembelajaran tatap muka, kemandirian anak.
The purpose The purpose of the study was to determine the relationship between teacher perceptions in face-to-face learning and the independence of children aged 5-6 years. The type of research is correlational quantitative. The research population in all kindergarten teachers in Waru sub-district, Sidoarjo district found 464 school institutions in Waru sub-district collecting 102. The sampling technique was purposive sampling so that the number of 70 teachers was obtained. The survey method in the form of a questionnaire is the data collection technique used. The data analysis technique consists of: validity test with Product Moment formula, reliability test with Cronbach Alpha formula and correlation test with Pearson Correlation formula. The calculation using the Pearson Correlation formula aims to determine whether or not there is a significant relationship between teacher perceptions and children's independence. Based on the calculation of the correlation test, obtained r arithmetic 0.598 and rtable with a significant level of 5% = 0,198 in other words r arithmetic > rtable (0,598 > 0,198) it can be said that there is a sufficient relationship between teacher perceptions and children's independence. In addition, the results of the study amounted to data showing a mean value of 3.3, while the median and mode data values obtained a value of 3. The results showed that school institutions that had A accreditation had an average score of 83, while schools with B accreditation had an average score of 83.-an average of 86. So the findings of this study indicate that the average value of the application of teacher perceptions of independence in accredited institutions is Good from school institutions accredited A. So the results of this study are more on the face-to-face learning system by looking at the independence of children aged 5-6 years in terms of teacher perceptions.
Keywords: perception teacher, facetoface learning, children’s independence.