PENGEMBANGAN PERMAINAN DART SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI GAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DEVELOMPMENT OF DART GAME AS A LEARNING MEDIUM ON STYLE MATERIAL GRADE IV ELEMENTARY SCHOOL
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan dart pada materi gaya kelas IV sekolah dasar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada pelajaran IPA di SD sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik, dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdapat 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi dengan desain penelitian One group pretest-posttest. Instrumen pengumpulan data penelitian ini yaitu validasi ahli media, ahli materi, angket peserta didik, angket guru, pretest, dan postest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Hasil validasi media diperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat valid dan validasi materi 88% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan media diketahui dari hasil angket guru sebesar 95% dan hasil angket siswa sebesar 89,5% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media diketahui dari hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 76,26% dengan kategori tinggi. Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara sebelum menggunakan media permainan dart dan setelah menggunkaan media permainan dart. Peningkatan tersebut memperoleh N-Gain sebesar 0,5993 dengan kategori peningkatan sedang. Hal ini menunjukkan media permainan dart layak, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran kelas IV SD.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Dart, Gaya
This study aims to develop learning media darts game in grade IV elementary school style material that can be used as learning media in science lessons in elementary schools so as to improve the understanding students and to determine the validity, practicality, and effectiveness of the media developed. This research is a type of development research (R&D) using the ADDIE model which consists of 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, evaluation with a One group pretest-posttest research design. The data collection instruments for this research were the validation of media experts, material experts, student questionnaires, teacher questionnaires, pretest, and posttest. The data analysis technique used is validity test, practicality test, and effectiveness test. The media validation results obtained a percentage of 100% with very valid criteria and 88% material validation with very valid criteria. The practicality of the media is known from the results of the teacher's questionnaire by 95% and the student's questionnaire results by 89,5% in the very practical category. The effectiveness of the media is known from the results of student learning completeness of 76,26% in the high category. There is a significant difference in student learning outcomes between before using dart game media and after using dart game media. This increase obtained an N-Gain of 0.5993 in the moderate improvement category. This shows that the dart game media is suitable, practical, and effective for use as a learning medium in grade IV elementary school.