EFL Students' Self-efficacy and Online Presentation Performance: Correlational Study
Hubungan antara self-efficacy dan presentasi dalam bentuk daring adalah salah satu topik yang jarang diangkat dalam sebuah penelitian. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat asosiasi antara self-efficacy dan presentasi dalam bentuk daring dari pelajar asing Bahasa Inggris di tingkat perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen, yaitu kuisioner, yang mana digunakan untuk mendapatkan data level self-efficacy dari para siswa, juga dokumen yang berisi nilai dari presentasi yang telah dilakukan. Penyebaran kuisioner dilakukan sebelum siswa melakukan presentasi, sedangkan nilai presentasi siswa di dapat dari dosen pengampu mata kuliah tersebut menggunakan rubrik yang telah disiapkan. Data-data tersebut yang di dapat dari 20 orang pelajar asing Bahasa Inggris dalam kelas A di mata kuliah Academic Speaking, dianalisis untuk menemukan apakah kedua variabel di atas memiliki hubungan yang signifikan dan saling mempengaruhi satu sama lain atau sebaliknya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel di atas mengindikasikan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan terhadap kedua nya dikarenakan oleh beberapa hal. Yang pertama, yakni karena adanya perubahan dalam kondisi belajar dikarenakan oleh penyebaran virus COVID-19. Perubahan situasi yang mana mengakibatkan siswa melakukan presentasi secara daring alih-alih secara tatap muka sangat mempengaruhi tingkat self-efficacy siswa. Alasan kedua yakni pengalaman siswa dalam melakukan presentasi melalui daring. Siswa yang memiliki pengalaman dalam melakukan presentasi secara daring akan memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih untuk melakukan hal yang sama untuk kedua kalinya dibandingkan dengan siswa yang tidak pernah memiliki pengalaman sama sekali.
Kata Kunci: Self-efficacy, presentasi daring, pelajar asing Bahasa Inggris
The relationship between self-efficacy and online presentation performance is one of the less researched topics; that is why this study was conducted to investigate the relationship between online presentation self-efficacy and online presentation performance of the EFL students in higher education. The current study uses two instruments which are self-efficacy questionnaire to obtain online presentation self-efficacy level of the students and also the document which consists of students’ online performance scores. The online presentation self-efficacy level of the students was gained before the students doing an online presentation, while the students’ presentation score was assessed by the lecture using their own assessment rubric. Those data from 20 EFL students of Academic Speaking Class A in Universitas Negeri Surabaya was analyzed in order to find out whether those two variables were affected by each other. The result of this study showed that both variables indicate no correlation toward each other because of some reason. First, the main reason is because of the change in the learning circumstance during the COVID-19 outbreak. The unexpected changes in the situation which forced the students to do an online presentation instead of face-to-face presentation was affected self-efficacy level. The second reason is the students’ previous experience in performing an online presentation. Those who experienced in the necessary situation will be more confident to do the second performance, compared with those who have not experienced yet.
Keywords: Self-efficacy, online presentation performance, foreign language students