STUDI LITERATUR MEDIA TIMBANGAN MODIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN KONSEP PENGUKURAN ANAK USIA 5-6 TAHUN
LITERATURE STUDY OF MODIFIED SCALES MEDIA IN LEARNING MEASUREMENT CONCEPTS OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Pada perkembangan aspek kognitif salah satu bagian yang ada didalamnya adalah matematika. Salah satu konsep pada matematika yang penggunaannya sangat dekat dengan anak adalah konsep pengukuran. Namun, pembelajarannya pada anak merupakan suatu yang cukup sulit untuk dilakukan guru. Hal ini dikarenakan konsep pengukuran merupakan salah satu konsep pada matematika yang cukup abstrak jika hanya diajarkan tanpa adanya sebuah media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajarannya. Pengajaran konsep pengukuran di TK masih kurang bervariatif dan cenderung hanya menggunakan Lembar Kerja Anak (LKA) yang secara langsung maupun tidak langsung akan terkesan sangat membosankan dan terkesan monoton. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah media pembelajaran baru dalam proses pembelajaran konsep pengukuran yang bertujuan agar dapat memberikan kemudahan bagi anak dalam mempelajari konsep pengukuran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media timbangan modifikasi dalam pembelajaran konsep pengukuran yang ditujukkan pada anak anak dengan rentang usia 5-6 tahun. Indikator konsep pengukuran berkaitan dengan kemampuan anak dalam memahami konsep pengukuran berat benda dengan subjek yang dituju merupakan anak usia dini dengan rentang usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu literature review yakni menggunakan kajian-kajian pustaka dalam suatu penelitian ilmiah yang berkaitan dengan variabel yang ada dalam penelitian. Teknik analisis dalam peelitian dengan cara menganalisis beberapa penelitian yang relevan dari artikel terkait yang diperoleh, ditemukan, dianalisis dan disimpulkan. Hasil dari analisis data menyimpulkan bahwa penggunaan media timbangan modifikasi dalam proses pembelajaran konsep pengukuran dapat memberikan kemudahan bagi anak dalam mempelajari konsep pengukuran.
Kata kunci: media timbangan modifikasi, konsep pengukuran
In the development of cognitive aspects one of the parts in it is mathematics. One concept in mathematics that is very close to children is the concept of measurement. However, learning in children is quite difficult for teachers to do. This is because the concept of measurement is one of the concepts in mathematics which is quite abstract if only taught without the existence of a learning medium as a tool in the learning process. Teaching the concept of measurement in kindergarten is still lacking in variety and tends to only use Child Worksheets (LKA) which directly or indirectly will seem very boring and seem monotonous. Therefore, it is necessary to have a new learning media in the process of learning the measurement concept that aims to make it easy for children to learn the measurement concept. This study aims to describe the use of the modified media scales in the learning of measurement concepts that are aimed at children aged 5-6 years. Indicators of measurement concepts related to the child's ability to understand the concept of measuring the weight of objects with the intended subject are early childhood with an age range of 5-6 years. This type of research is a literature review that is using literature studies in a scientific study relating to the variables in the study. Analysis techniques in research by analyzing some relevant research from related articles obtained, discovered, analyzed and concluded. The results of the data analysis concluded that the use of modified media scales in the learning process of measuring concepts can provide convenience for children in learning the measurement concepts.
Keywords: modified media scales, measurement concepts