ABSTRAK
Lutfi Mushonif Elghufri, 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Proses Pembuatan Sandal Desa Wedoro untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Suryanti, M.Pd., dan (II) Dr. Widowati Budijastuti, M.Si.
Kata-kata Kunci: Kontekstual, Keterampilan Berpikir Kreatif, Perangkat Pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembuatan sandal di desa Wedoro untuk keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4D Research and Development yang terdiri dari 4 tahap yaitu: penetapan, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek penelitian ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dalam pembuatan sandal di desa Wedoro yang di ujicobakan pada peserta didik kelas IV SDN Wedoro Waru Sidoarjo sebanyak 33 peserta didik dengan desain one group pretest-postest. Metode pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar observasi, tes dan pengisian angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid; (2) pembelajaran terlaksana dengan kategori baik; (3) siswa menjadi aktif dalam pembelajaran; (4) keterampilan berpikir kreatif menunjukkan kategori tinggi; (5) peserta didik memberikan respon positif dengan kategori baik terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada proses pembuatan sandal desa Wedoro pada materi macam-macam gaya dan manfaatnya yang telah dikembangkan layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.
ABSTRACT
Lutfi Mushonif Elghufri, 2019. Development of Contextual Based Learning Materials Make Slippers From Wedoro Village to Improve Creative Thinking Skills for Elementary School 4th Grade students. Tesis, Basic Education Study Program, Post-Graduate Surabaya State University. Advisor: (I) Dr. Suryanti, M.Pd. and (II) Dr. Widowati Budijastuti, M.Sc.
Keywords: contextual, creative thinking skills, educational resources.
This study aims to produce learning materials using the scientifically based contextual approach to making sponge sandals in the village of Wedoro for the creative thinking skills of fourth grade students in elementary school. This research is a development study 4D Research and Development, which consists of 4 phases, namely: determination, design, development and desimination. The subject of this study is the development of learning devices with a scientific wisdom-based approach to making slipper in the village of Wedoro, which was tested on 4th grade students of SDN Wedoro Waru Sidoarjo with 33 students designing a group of pre-test students. post test. The data collection method uses a validation sheet, observation sheet, test and fill in questionare. The data analysis technique uses descriptive quantitative and qualitative. The results of data analysis show that: (1) developed learning resources are valid; (2) learning is conducted in a good category; (3) students become active in learning; (4) skills in creative thinking have a high category; (5) students provide positive answers in good learning categories. Based on the results of the above study, it can be concluded that the learning apparatus that uses the scientific wisdom-based approach to make Wedoro village sandals based on the material of different styles and benefits that have been developed is feasible to enhance students' creative thinking skills improve.