Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan menghasilkan LKS berbasis guided discovery pada submateri tekanan zat cair untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. Kelayakan LKS yang dikembangkan ditinjau berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yang terdiri dari sepuluh tahapan, namun hanya dibatasi hingga tahap ke enam yaitu uji coba produk. Sasaran penelitian ini terdiri dari 35 siswa kelas VIII-I SMP Negeri 21 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, metode angket, dan metode tes. Hasil penelitian menggunakan LKS berbasis guided dicovery pada submateri tekanan zat cair untuk melatihkan keterampilan proses sains ditinjau dari aspek validitas dinyatakan layak, dikarenakan semua kriteria yang dinilai berkategori minimal baik dengan skor 4 sehingga dapat dikatakan valid. Pada aspek kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1, sebagian besar semua kegiatan yang diamati memperoleh skor 4 dengan kategori baik dan pertemuan 2 memperoleh skor 5 dengan kategori sangar baik. Sedangkan rata-rata penilaian pada respon siswa yang menjawab ya diperoleh sebesar 93,72% dengan kategori sangat baik. Kemudian pada aspek keefektifan ditinjau dari hasil pretest dan posttest, dinyatakan layak karena dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,73 termasuk kategori tinggi.
Kata kunci: pengembangan, LKS, guided discovery, keterampilan proses sains.
This research is a type of development research that aims to describe feasibility and produce LKS based on guided discovery in submersion of liquid pressure to practice students' science process skills. The feasibility of the worksheet developed was reviewed based on aspects of validity, practicality, and effectiveness. This development research uses the R & D (Research and Development) method which consists of ten stages, but is only limited to the sixth stage, namely product testing. The target of this study consisted of 35 class VIII-I students of SMP Negeri 21 Surabaya. Data collection methods used include observation methods, questionnaire methods, and test methods. The results of the study used LKS based on guided dicovery on submersion of liquid pressure to practice science process skills in terms of validity aspects were declared feasible, because all criteria were considered to be categorized as minimal with a score of 4 so that it could be said to be valid. In the aspect of practicality in terms of the feasibility of learning at meeting 1, most of all activities observed obtained a score of 4 with good categories and meeting 2 received a score of 5 with a good category. While the average rating on the response of students who answered "yes" was 93.72% with a very good category. Then in terms of effectiveness in terms of the results of the pretest and posttest, it was declared feasible because it could improve students' science process skills with an average N-Gain score of 0.73 including the high category.
Keywords: development, worksheets, guided discovery, science process skills.