Hubungan antara Self Regulated Learning (SRL) dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Matematika
The Relationship between Self Regulated Learning (SRL) and Learning Achievement of Class XI Students in Mathematics Subjects
Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning (SRL) dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 134 siswa dengan sebanyak 32 siswa sebagai try out dan sisanya 102 siswa sebagai subjek penelitian. Uji korelasi dalam penelitian ini menggunakan teknik product moment pearson corelation dan bantuan SPSS 25.0 for Windows. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala self regulated learning. Penelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,005 (Sig. < 0,05) dan nilai korelasi sebesar r = 0,278. Hasil signifikansi tersebut menunjukkan adanya hubungan antara self regulated learning dengan prestasi belajar matematika. Besarnya nilai hasil uji korelasi, menunjukkan kategori korelasi yang rendah. Berdasarkan hasil analisis data yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima.
This study was held with the aim of finding out the relationship between self regulated learning (SRL) and the learning achievement of students in class XI on mathematics subjects. The method used in this study is a quantitative research method. The population in this study was 134 students with 32 students as a try out and the remaining 102 students as study subjects. The correlation test in this study used the Pearson corelation product moment technique and the help of SPSS 25.0 for Windows. The instruments in this study used a self-regulated learning scale. This study showed a significance value result of 0.005 (Sig. < 0.05) and a correlation value of r = 0.278. The significance results showed a relationship between self-regulated learning and mathematical achievement. Based on the magnitude of the correlation test result value, indicating a low correlation category. Based on the results of the analysis of the obtained data, it can be concluded that H1 is accepted.