ABSTRAK
Sudarto, Zaini 2017 . Pengembangan Buku Ajar Berbasis Proyek
pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa di Fakultas Ilmu
Pendidikan Unesa, Disertasi Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana
Universitas Negeri Surabaya
dengan promotor Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd ., dan dan co promotor Prof. Dr. Mustaji, M.Pd.
Kata -kata Kunci: Buku Aja r , Pembelajaran Berbasis Proyek, Anak
Berkebutuhan Khusus.
P enelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berbasis proyek yang layak, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar
m ahasiswa
pada mata kuliah media pembelajaran anak berkebutuhan khusus di Jurusan Pendidikan
Luar Biasa (PLB), Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa. Penelitian p engembangan
ini menggunakan desain penelitian model Dick and Carey dengan produk berupa buku ajar yang dikembangkan dalam bentuk, model
pembelajaran berbasis proyek untuk mata kuliah Media
Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus.
Teknik pengumpulan
data dalam penelitian yaitu menggunakan metode wawancara terstruktur, metode
angket, dan metode tes. Metode wawancara terstruktur digunakan untuk mengetahui
tingkat kelayakan buku ajar yang dikembangkan melalui ahli media, ahli materi,
dan kepada lima dosen serta uji coba kelompok perorangan, kelompok kecil, dan
kelompok besar. Metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat efektivitas hasil belajar mahasiswa dalam matakuliah
media pembelajaran ABK yang menggunakan model pembeljaran berbasis project. Metodes
tes digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat kemampuan mahasiswa dalam membuat media
pembelajaran sebelum dan setelah di guna k an nya
buku ajar yang telah dikembangkan . Sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan teknik analisis isi, analisi deskriptif dengan menggunakan rumus PSA, dan
analisis hasil tes dengan menggunakan rumus Uji-T Wilcoxon.
Berdasarkan hasil uji validitas ahli materi yang dilakukan oleh reviewer memperoleh hasil 87,87% untuk validasi
media 90,63% Uji coba kelompok kecil memperoleh hasil 88,71%, dan uji coba
kelompok besar 80,7 1% Berdasarkan hasil
perhitunga n , taraf signifikansi
5%, d.b = 88 diperoleh tHitung = 26,58 dan tTabel =
1,66 Sehingga tHitung lebih besar dari tTabel . Dengan
demikian da perbedaan antara hasil pre-test dan post-test dinyatakan mengalami perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis
data, diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan buku ajar Media Pembelajaran ABK Berbasis
Proyek memenuhi kelayakan untuk
digunakan serta memiliki efektifitas untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa
jurusan PLB-FIP-Unesa.
Abstract
Sudarto, Zaini 2017. Developing a
Pro ject - based textbook for the
Course of the Instructional Media for Children with special
need’s to I mprove S tudent s’ Learning
Outcomes at the Faculty of Education of UNESA, Dissertation of Educational
Technology Study Program, Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd . (Promoter) and Prof. Dr. Mustaji, M.Pd . ( co - promot e r ).
Keyword: textbooks, Project - Based Learnin g, Special Needs C hildren .
Th is study aims to develop a proper and
effective project-based texbook to improve students outcomes in the cource of Intructional Media
for Special Needs Children in Special Education Department, Faculty of
Education of UNESA. This study used Dick
and Carey’s developmental model. The productdeveloped was a project-based
textbook used in the cource of Instructional Media for Special Needs Children.
Data were collected through structured interview, questionnaire, and test.
Structured interview were used to determine the level of eligibility of
textbooks developed by media experts, material experts, and five lecturers in
individual, small, and large group tests. The Questionnaires were used to
determine the effectiveness of students’ learning outcomes in the course of
intructional Media using project-based learning model. Test was used to
determine the difference levels of students’
ability in designing instructional media bifore and after using the
textbook. Data were analyzed using the content analysis technique, descriptive
analysis with PSA formula, and the Wilcoxon T-Test formula.
The result of content validity by reviewers was
87.87% while that of media validity was 90.63%. The result of the small group
try-out testing was 88.71% and that of the large group try-out testing was
80.71% with significance level of 5%, df. 88 obtained TObserved =
26.58 and TTable 1.66. Thus, Tobserved = 26.58 and TTable
=1.66. Thus, TObserved is bigger than TTable ,
meaning that there was a significant difference between the pre-test and
post-test. In conclution, the project-based textbook on instructional media for
special needs children is proper and efeective to improve students’ learning
outcome in Special Education Departement of Faculty of Education of UNESA.