Pengembangan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dini
Development of Augmented Reality for Early Childhood Literacy Reading and Writing Skills
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi baca tulis pada anak kelompok A di TK Karunia Kebraon. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kevalidan, dan keefektifan media Augmented Reality terhadap kemampuan literasi baca tulis pada kelompok A. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 17 anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengembangkan produk atau menyempurnakan produk dengan jenis pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimental desain tipe one group Pretest Posttest untuk mengevaluasi efektivitas media Augmented Reality tentang pengenalan huruf. Hasil dari penelitian ini terlihat dari kelayakan media melalui validasi ahli materi mendapatkan presentase sebesar 94% dan ahli media sebesar 87,5%. Keefektifan media dilihat dari tingkat pemahaman anak mengenai literasi baca tulis meningkat dilihat dari hasil uji Wilcoxon menggunakan SPSS 27 menunjukkan bahwa Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,002 sehingga p < 0,05 atau 0,002 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Buku Alfabet 3D Augmented Reality efektif digunakan untuk menstimulasi kemampuan literasi baca tulis anak usia 4-5 tahun.
Kata Kunci: Augmented Reality, literasi baca tulis, anak usia dini
This study was motivated by the low literacy skills of reading and writing in group A children at Karunia Kebraon Kindergarten. Therefore, this study aims to determine how the development, validity, and effectiveness of Augmented Reality media on literacy skills in group A. The number of samples used in this study were 17 children. This research uses the type of research and development or Research and Development (R&D) by developing products or perfecting products with the ADDIE development type. This study uses a pre-experiment design method of one group Pretest Posttest type to evaluate the effectiveness of Augmented Reality media on letter recognition. The results of this study are seen from the feasibility of media through material expert validation getting a percentage of 94% and media experts of 87.5%. The effectiveness of the media is seen from the level of children's understanding of literacy reading and writing increases seen from the results of the Wilcoxon test using SPSS 27 shows that Asymp.Sig (2-tailed) of 0.002 so that p < 0.05 or 0.002 < 0.05. So it can be concluded that the 3D Augmented Reality Alphabet Book media is effectively used to stimulate the literacy skills of children aged 4-5 years.
Keywords: Augmented reality, literacy, early childhood