Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis: (1) Perencanaan, (2) Pengorganisasian, (3) Pelaksanaan, dan (4) Evaluasi kurikulum pendidikan inklusi pada anak berkebutuhan khusus di SDN Kalirungkut 1 Surabaya. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data penelitian (display data) dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan hasil penelitian. Teknik keabsahan data dalam peneltiian ini menggunakan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Perencanaan kurikulum pendidikan inklusi dimulai dengan membuat strategi pelaksanaan kurikulum yang dimodifikasi, merencanakan media pembelajaran yang akan digunakan, menggabungkan model kurikulum modifikasi, obmisi dan submisi, merencanakan materi, isi dan tujuan kurikulum dalam silabus, RPP, dan PPI disesuaikan dengan hambatan dari masing-masing peserta didik berkebutuhan khusus yang nantinya akan mengatur proses pelaksanaan kurikulum di kelas reguler. (2) Pengorganisasian kurikulum pendidikan inklusi dimulai dengan mengelompokkan dan membagi tugas bagi pelaksana rencana kurikulum pada tim kurikulum yang terdiri dari; waka kurikulum, koordinator guru pendamping khusus, wali kelas, guru mata pelajaran dan guru pendamping khusus. (3) Pelaksanaan kurikulum pendidikan inklusi pada anak berkebutuhan khusus mempunyai program pelayanan khusus pada setiap ketunaan peserta didik sesuai RPP dan PPI yang telah disusun dalam perencanaan kurikulum. (4) Evaluasi kurikulum pendidikan inklusi dilakukan dengan memberikan review tentang proses pelaksanaan yang telah berlangsung dengan membuat instrumen penilaian, membuat asesmen bagi peserta didik berkebutuhan khusus, guru pendamping khusus membuat laporan pelaksanaan pembelajsran setiap tiga bulan sekali dan memberikan hasil penilaian pembelajaran berupa raport tengah semester dan raport kenaikan kelas.
This study aims to determine, explain and analyze: (1) Planning, (2) Organizing, (3) Implementation, and (4) Evaluation of inclusive education curriculum for children with special needs at SDN Kalirungkut 1 Surabaya. The research approach uses descriptive qualitative using the case study method. Data is collected through participant observation, in-depth interviews and documentation. Data analysis in this study uses data condensation, presentation of research data (display data) and verification of data or drawing conclusions from research results. The data validity technique in this study uses credibility, dependability, confirmability and transferability. The results obtained are: (1) Planning for inclusive education curriculum starts with making a modified curriculum implementation strategy, planning learning media to be used, combining the modified curriculum model, submission and submission, planning material, content and curriculum objectives in the syllabus, lesson plans, and PPI is adjusted to the obstacles of each student with special needs who will later regulate the curriculum implementation process in the regular classrooms. (2) Organizing an inclusive education curriculum starts with grouping and dividing tasks for implementing the curriculum plan to the curriculum team consisting of; curriculum waka, special assistant teacher coordinator, homeroom teacher, subject teacher and special assistant teacher. (3) Implementation of inclusive education curriculum for children with special needs has a special service program for each student's compliance according to the RPP and PPI that have been prepared in curriculum planning. (4) Evaluation of inclusive education curriculum is done by giving a review of the implementation process that has taken place by making assessment instruments, making assessments for students with special needs, special assistant teachers make learning implementation reports every three months and provide learning assessment results in the form of midterm report cards and grade report cards.