ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU (SIAKADU) DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
USER SATISFACTION ANALYSIS OF INTEGRATED ACADEMIC INFORMATION SYSTEM (SIAKADU) AT SURABAYA STATE UNIVERSITY
Kepuasan pengguna sebuah sistem adalah tolak ukur dari keberhasilan sistem tersebut. Sedangkan pengukuran kualitas website dari sisi end user dibutukan dalam analisis kualitas website. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) Mengetahui tingkat kepuasan pengguna pada SIAKADU dosen., (2) mengetahui kesenjangan antara persepsi dan harapan dosen terkait layanan SIAKADU., (3) mengetahui prioritas perbaikan atribut layanan mana yang dianggap lebih penting oleh dosen. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan metode Webqual 4.0, Customer Satisfaction Index (CSI), IPA Model dan Analisis Kesenjangan (Gap Analysis). Sisi pengguna dosen adalah focus penelitian ini, sehingga Populasinya adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya, dengan perhitungan rumus slovin dalam penentuan sampel maka jumlah sampel penelitian ini adalah 160 dosen. Responden (dosen) juga dikelompokkan menjadi 3 berdasarkan generasi/usia responden yaitu Generasi Baby Bloomers, Generasi X dan Generasi Y. Pada hasil penelitian ini menjelaskan yaitu (1) dilihat dari Analisis CSI, taraf kepuasan dosen terhadap layanan SIAKADU memiliki angka persentase 76.22%, angka tersebut termasuk kategori “Puas” dalam kriteria CSI, (2) pada analisis Gap persepsi layanan SIAKADU dengan harapan dosen, didapatkan nilai Gap adalah -0,57, meski kepuasan layanan termasuk kategori ”Puas” tetapi masih terdapat nilai Gap minus antara kinerja layanan SIAKADU dengan harapan dosen, (3) terdapat 22 atribut layanan yang berasal dari metode webqual 4.0, 22 atribut ini akan dipetakan menjadi 4 kuadran kepentingan melalui diagram pada IPA model, (4) melakukan perbaikan dan evaluasi pada kinerja atribut layanan SIAKADU melalui analisis IPA Model yang telah dilakukan, dan khususnya atribut layanan yang terdapat pada Kuadran I menjadi prioritas utama dalam perbaikan layanan.
Kata Kunci : Kepuasan Pengguna, Webqual 4.0, CSI, Gap Analysis , IPA Model
User satisfaction of a system is a measure of the success of the system. Whereas measurement of website quality from end user side is needed in website quality analysis. This study has the following objectives: (1) Knowing the level of user satisfaction with SIAKADU lecturers, (2) knowing the gap between perceptions and expectations of lecturers related to SIAKADU services, (3) knowing the priority of improving which service attributes are considered more important by lecturers. The data obtained will be analyzed using the Webqual 4.0 method, Customer Satisfaction Index (CSI), IPA Model and Gap Analysis. The user side of the lecturer is the focus of this study, so the population is a lecturer at Surabaya State University, with the calculation of the Slovin formula in determining the sample, the total sample of this study is 160 lecturers. Respondents (lecturers) are also grouped into 3 based on generation / age of respondents, namely Baby Bloomers Generation, Generation X and Generation Y. In the results of this study explain that (1) seen from CSI Analysis, the level of lecturer satisfaction with SIAKADU services has a percentage of 76.22%, the figure is included in the "Satisfied" category in the CSI criteria, (2) in the Gap analysis of SIAKADU service perception with lecturer expectations, the Gap value is -0.57, although service satisfaction is included in the "Satisfied" category but there is still a Gap value minus between service performance SIAKADU with the expectation of lecturers, (3) there are 22 service attributes derived from webqual 4.0 method, 22 of these attributes will be mapped to 4 quadrants of interest through diagrams on the IPA model, (4) make improvements and evaluations on the performance of the SIAKADU service attributes through the IPA Model analysis that has been done, and in particular the service attributes contained in Quadrant I are the top priority in service improvement .
Keyword : User Satisfaction, Webqual 4.0, CSI, Gap Analysis, IPA Model