Khotimah, Nurul. 2022. Pengaruh Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar
terhadap Hasil Belajar Pemahaman dan Penerapan Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Mahasiswa
Prodi P G P AUD . Disertasi, Program Studi Teknologi Pendidikan,
Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd. dan (II) Dr.
Bachtiar S. Bachri, M.Pd .
Kata-kata Kunci: Blended
Learning , Motivasi, Hasil belajar, Mahasiswa
Pandemi covid-19 menyebabkan banyak kebijakan baru
sebagai langkah preventif yang dilakukan
pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona. Proses pelaksanaan pendidikan
tinggi di Indonesia yang telah berjalan menggunakan sistem tatap muka antara
dosen dan mahasiswa dalam jumlah banyak tentu menjadi kurang tepat dilaksanakan
pada kondisi pandemi ini. Oleh karena itu, pemerintah membuat kebijakan baru
yaitu belajar dari rumah secara daring. para praktisi pendidikan mengembangkan
pembelajaran dengan berbasis digital dan pembelajaran tatap muka, disebut blended learning . Blended learning merupakan
campuran atau penggabungan pembelajaran tatap muka, pembelajaran online, dan
pembelajaran offline. Tujuan penelitian ini secara umum adalah menganalisis pembelajaran
blended learning berpengaruh terhadap hasil belajar penerapan mata kuliah
perencanaan pembelajaran mahasiswa PG-PAUD jurusan Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini.
Desain penelitian ini
menggunakan quasi experimental yang memiliki kelompok kontrol dan
kelompok eksperimen. Subjek penelitian melibatkan mahasiswa PG-PAUD angkatan
2019 jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini angkatan 19 pada kelas A
dan B dengan jumlah masing-masing kelas yaitu 45 mahasiswa. Instrumen
penelitian meliputi 1) pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 2) test (penilaian) yaitu kisi-kisi soal pretest dan post test 3) angket
motivasi belajar yaitu kisi-kisi instrumen motivasi. Teknik analisis data pada
penelitian ini menggunakan uji manova.
Hasil temuan dari
penelitian ini ada perbedaan rerata nilai hasil belajar pemahaman mahasiswa
yang dibelajarkan dengan blended learning
dan tanpa dibelajarkan dengan blended
learning . Mahasiswa yang dibelajarkan dengan blended learning dan memiliki motivasi tinggi memperoleh hasil
belajar pemahaman yang lebih tinggi dan blended
learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pemahaman
mahasiswa. Selain itu terdapat perbedaan rerata nilai hasil belajar penerapan
mahasiswa yang dibelajarkan dengan blended
learning dan tanpa blended learning .
Mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan blended
learning dengan motivasi belajar tinggi memperoleh hasil belajar penerapan
yang lebih tinggi. Secara signifikansi blended
learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar penerapan mata
kuliah perencanaan pembelajaran.