Self compassion merupakan kemampuan individu untuk memberikan kasih sayang kepada diri sendiri dengan kebaikan diri, kepedulian kepada diri sendiri ketika mengalami suatu masalah, kesulitan dan tantangan dalam kehidupan mereka. Permasalahan-permasalahan yang terjadi pada siswa disebabkan dari rendahnya tingkat kebahagiaan, kurangnya rasa optimis dan rendahnya motivasi dalam diri. Booklet mampu memberikan informasi secara lengkap dengan desain yang menarik sehingga siswa tertatik untuk membacanya.
Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan sebuah produk media booklet self compassion untuk memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.
Metode pengembangan media booklet self compassion menggunakan prosedur pengembangan dari Sugiyono (2017). Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap ke tujuh dari sepuluh tahap yaitu sampai pada revisi produk dari hasil uji coba produk (kelompok kecil) dengan menggunakan bimbinga kelompok). Uji akseptabilitas dilakukan pada ahli materi, ahli media, dan calon pengguna (guru Bimbingan dan Konseling dan siswa).
Hasil uji validasi dari ahli materi memperoleh skor 1 dengan kategori sangat sesuai dan sudah memenuhi validasi, pada ahli media memperoleh skor 1 dengan kategori sangat sesuai dan sudah memenuhi validasi, pada calon pengguna guru bimbingan dan konseling memperoleh skor 1 dengan kategori sangat sesuai dan sudah memenuhi validasi, dan calon pengguna siswa rata-rata keseluruhan penilaian memperoleh nilai 97,77% dalam kategori sangat baik tidak perlu direvisi. Berdasarkan hasil tersebut booklet self compassion memenuhi akseptabilitas. Kemudian hasil uji coba produk (kelompok kecil) dengan pre-test dan post-test memperoleh hasil uji t Asymp.sig (2-tailed) bernilai ρ = 0,004 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Karena nilai 0,004 lebih kecil dari 0,05 maka dapat diputuskan Ha diterima artinya ada perbedaan tingkat self compassion sebelum dan sesudah perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media booklet self compassion dapat meningkatkan self compassion pada siswa.
Kata Kunci: pengembangan, booklet, self compassion, siswa
Self-compassion is the ability of individuals to provide compassion to themselves with self-goodness, concern for themselves when experiencing a problem, difficulty, and challenges in their lives. The problems that occur in students are caused by low levels of happiness, lack of optimism, and low motivation in self. Booklets can provide complete information with attractive designs, so students are interested in reading it.
The purpose of this study is to produce a self-compassion booklet media product to meet acceptability criteria, including aspects of usability, appropriateness, accuracy, and propriety.
The method of developing self-compassion booklet media uses the development procedure from Sugiyono (2017). This research was carried out to the seventh stage of the ten stages, namely to the product revision of the product trial results (small group) using group guidance. Acceptability tests are carried out on material experts, media experts, and prospective users (Guidance and Counseling teachers and students).
The results of the validation test of the material experts obtained a score of 1 with a very appropriate category and already fulfilled validation. The media experts obtained a score of 1 with a very appropriate category and already fulfilled validation, the prospective guidance and counseling teacher user obtained a score of 1 with a very appropriate category and has fulfilled validation. Prospective student users, the average overall score of 97.77% in the top category does not need to be revised. Based on these results, the self-compassion booklet meets acceptability. Then the test results of the product (small group) with pre-test and post-test obtained the Asymp.sig (2-tailed) t test results ρ = 0.004 with a significant level of 5% or 0.05. Because the value of 0.004 is smaller than 0.05, it can be decided that Ha is accepted, meaning that there are differences in the level of self-compassion before and after treatment. So it can be concluded that the self-compassion booklet media can improve self-compassion in student.
Key Word: Development, booklet, self compassion, Student