ABSTRAK
TATA RUANG KANTOR DI BADAN
PUSAT STATISTI KOTA SURABAYA
(Studi Pada Sub Bagian Tata Usaha)
Nama : Yunia Tri Istikomah
NIM : 16040263023
Program Studi : DIII Administrasi Negara
Jurusan : Administrasi Publik
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Agus Prastyawan, S.Sos., M.Si.,
Tata ruang kantor atau biasa disebut layout merupakan salah satu penunjang sistem kerja yang harus diperhatikan dalam perkantoran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bentuk tata ruang kantor di Badan Pusat Statistik Kota Surabaya dan untuk mendeskripsikan persyaratan lingkungan fisik yang ada di Badan Pusat Statistik Kota Surabaya.
Penelitian ini adalah merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian yang diperoleh tentang bentuk tata ruang kantor di Badan Pusat Statistik Kota Surabaya pada Sub Bagian Tata Usaha adalah : (1) Bentuk tata ruang kantor menggunakan tata ruang gabungan dimana bentuk tata ruang tertutup pada ruang kepala TU dan untuk bentuk tata ruang kantor terbuka pada ruang pegawai. (2) Persyaratan lingkungan fisik kantor seperti kebersihan, luas ruang kantor, suhu udara, ventilasi, penerangan cahaya, fasilitas kesehatan, fasilitas cuci, air minum, tempat pakaian, tempat duduk, lantai, gang dan tangga, mesin, beban berat, pertolongan pertama, penjagaan kebakaran, pemberitahuan kecelakaan. Dari 16 ndikator persyaratan lingkungan fisik kantor yang sudah baik ada 9 indikator dan yang masih membutuhkan perbaikan ada 7 indikator yaitu luas ruangan kantor, suhu udara, ventilasi, tempat pakaian, beban berat, dan pemberitahuan kecelakaan. Penataan perlengkapan dan peralatan kantor masih membutuhkan perbaikan lagi sebab berakibat pada kenyamanan pegawai dan arus pekerjaan agar menjadi teratur dengan adanya persyaratan lingkungan fisik kantor. Dengan adanya persyaratan lingkungan fisik kantor dapat memberikan fasilitas yang baik untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana kantor yang lebih baik.
Saran yang dapat diberikan untuk Badan Pusat Statistik Kota Surabaya pada Sub Bagian Tata Usaha (1) Perlunya perbaikan dalam luas ruangan pegawai agar dapat menaruh lemari dokumen pada sub bagian tata usaha. (2) Perlunya pernambahan pendingin ruangan atau AC untuk para pegawai agar pegawai nyaman dalam melakukan pekerjaan. (3) Perlunya perbaikan ventilasi agar udara baru bisa masuk kedalam ruangan. (4) Perlu adannya tempat untuk fasilitas tempat pakaian untuk para pegawai tempat pakaian kering maupun tempat pakaian basah. (5) Tidak perlu adannya perbaikan untuk beban berat. (6) Perlu adannya tempat untuk pertolongan pertamana seperti obat-obatan. (7) Perlu adannya pemeberitahuan kecelakaan .
Kata Kunci : Tata Ruang Kantor, Sub Bagian Tata Usaha,
Badan Pusat Statistik Kota Surabaya.
ABSTRACT
OFFICE SPATIAL IN AGENCY
STATISTIC CENTER OF SURABAYA CITY
(Study in Sub Division of Administration)
Name : Yunia Tri Istikomah
Study Program : DIII State Administration
Department : Public Administration
Faculty : Faculty of Social Sciences and Law
Name of Institution : Surabaya State University
Advisor : Dr. Agus Prastyawan, S.Sos., M.Sc.,
Office layout or commonly called layout is one of the supporting systems of work that must be considered in offices. The purpose of this study was to describe the form of office spatial planning in the Surabaya City Central Bureau of Statistics and to describe the physical environment requirements in the Surabaya City Central Bureau of Statistics.
This research is a descriptive study with qualitative methods. The techniques used in collecting data are observation, interviews, and documentation. Data collection techniques can be done by observation, interviews and documentation. The data analysis technique used in this study through four stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusion / verification.
The results obtained from the form of office spatial planning in the Surabaya City Central Bureau of Statistics in the Sub-Division of Administration are: (1) Forms of office space using a combined spatial structure in which the TU's headroom forms and for open office spatial forms in the employee room. (2) Requirements for office physical environment such as cleanliness, spacious office space, air temperature, ventilation, lighting, health facilities, washing facilities, drinking water, clothing, seating, floors, alleys and stairs, machinery, heavy loads, first aid , fire guard, accident notification. From the 16 indicators of the office physical requirements that are already good there are 9 indicators and those that still need improvement are 7 indicators, namely office space, air temperature, ventilation, clothing area, heavy load, and accident notification. The arrangement of office equipment and equipment still needs further improvement because it results in the convenience of employees and the flow of work to be organized with the requirements of the office's physical environment. With the requirements of the physical environment the office can provide good facilities to better improve office facilities and infrastructure.
Suggestions that can be given to the Surabaya City Central Bureau of Statistics on Sub-Division of Administration (1) The need for improvement in the area of the employee's room so that they can put the document cabinet in the administrative sub-section. (2) The need for additional air conditioning or air conditioning for employees to make employees comfortable in doing work. (3) Need to repair ventilation so that new air can enter the room. (4) There is a need for a place for clothing facilities for employees in dry clothing and wet clothes. (5) There is no need for repairs for heavy loads. (6) There should be a place for first aid such as medicine. (7) There should be an accident notification.
Keywords: Office Spatial Planning, Sub Division of Administration,
Surabaya City Statistic Center.