PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA
Development of Physics Learning Instrument Guided Inquiry Model with CTL Approach to Improving Science Literacy Of Senior High School Students
ABSTRAK
Azura, Filza. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan CTL untuk meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd, dan (II) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, CTL, Literasi Sains
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing dengan pendekatan CTL dalam meningkatkan literasi sains siswa kelas XI di MAN 2 Gresik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap persiapan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat mengikuti rancangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Tahap uji coba penelitian ini dilakukan di kelas XI MAN 2 Gresik pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 menggunakan desain penelitian One group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data berupa observasi, lembar tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian diperoleh sebagai berikut : Hasil validasi silabus dengan skor 3,6 kategori sangat valid, hasil validasi RPP dengan skor 3,6 kategori sangat valid, hasil validasi BAS dengan skor 3,7 kategori sangat valid, hasil validasi LKS dengan skor 3,7 kategori sangat valid, hasil validasi instrumen literasi sains dengan skor 3,5 kategori sangat valid. Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase sebesar 100% kategori sangat baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa dengan persentase sebesar 91,1% dengan kategori sangat aktif. Hasil tes kompetensi literasi sains dengan N-gain minimal sedang. Hasil respon siswa memiliki persentase sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing dengan pendekatan CTL layak (valid, praktis, dan efektif) untuk meningkatkan literasi sains siswa SMA
ABSTRACT
Azura, Filza. 2022. Development of Physics Learning Instrument Guided Inquiry Model with CTL Approach to Improving Science Literacy Of Senior High School Students. Thesis. Science Education Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Advisors : (1) Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd, dan (II) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd
Keywords: Learning Materials, Guided Inquiry Models, CTL, Science Literacy.
This research aims to produce a physics learning materials guided inquiry model with CTL approach in improving the scientific literacy of class XI students at MAN 2 Gresik. This research was carried out in two stages, namely the preparatory stage which aims to develop devices following the 4D design (define, design, develop, and disseminate). The trial phase of this research was carried out in class XI MAN 2 Gresik in the even semester of the 2021/2022 school year using the One group pre-test post-test design. Data collection techniques in the form of observation, test sheets, and questionnaires. Data analysis techniques using quantitative descriptive analysis. Research data obtained as follows: syllabus validation results with a score of 3.6 very valid category, lesson plan validation results with a very valid score of 3.6 categories, BAS validation results with a score of 3.7 very valid categories, LKS validation results with a score of 3, 7 categories are very valid, the results of scientific literacy instrument validation with a score of 3.5 categories are very valid. The results of observing the implementation of learning with a percentage of 100% are very good categories. The results of observing student activity with a percentage of 91.1% are in the very active category. Scientific literacy competency test results with moderate minimum N-gain. The results of student responses have a percentage of 89% with a very good category. Based on data analysis, it can be concluded that the guided inquiry model physics learning tool with the CTL approach is feasible (valid, practical, and effective) to increase high school students' scientific literacy.