Optimalisasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Berbasis Flipbook Maker
Optimizing Children's Gross Motor Skills Through Traditional Games Based on Flipbook Maker
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan buku saku motorik kasar berbasis flipbook maker, untuk mengetahui kelayakaan buku saku motorik kasar berbasis flipbook maker dan untuk mengetahui hasil uji efektifitas buku saku motorik kasar berbasis flipbook maker. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Reaserch and Development) dengan model ASSURE. Teknik analisis data pada Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian ini menggunakan target partisipan anak usia 5-6 tahun di TK DW Kedungwilut sebagai sampel utama untuk uji coba produk buku saku motori kasar anak berbasis flipbok maker, anak usia 5-6 tahun di TK DW Ngungghan 1 sebagai uji validitas instrumen dan anak usia 5-6 tahun di TK DW Bantengan untuk sebagai uji coba produk konvensional atau LKA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media buku saku motori kasar berbasis flipbook maker yang berisikan materi permainan tradisional engklek dan lompat tali efektif untuk mengoptimalkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun khususya dalam aspek keseimbangan, melempar dan mengayun. Hasil survei dari feedback oran g tua menunjukan bahwa buku saku motorik kasar yang telah dikembangkan terbukti efektif sebagai media pembelajaran untuk mengoptimalakan kemampuan motorik kasar anak. Dengan tingkat keefektifan lebih tinggi dibandingkan dengan media konvensional atau LKA yang biasanya digunakan guru sebagi media pembelajaran kepada peserta didik. Media buku saku motorik kasar berbasis flipbook maker yang berisikan kegiatan permainan tradisional lompat tali dan engklek ini cocok digunakan sebagai media pendukun pengoptimalan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi ini karena media ini bisa di akses secara online.
Kata Kunci: motorik kasar, buku saku, permainan tradisional, flipbook maker.
This study aims to determine the process of developing a gross motor pocket book based on flipbook maker, to determine the feasibility of a gross motor pocket book based on a flipbook maker and to determine the results of the effectiveness test of a gross motor pocket book based on a flipbook maker. This research method uses development research or R&D (Reaserch and Development) with the ASSURE model. This study uses the target participants of children aged 5-6 years in TK DW Kedungwilut as the main sample for testing the product of a gross motor pocket book for children based on flipbok maker, children aged 5-6 years in TK DW Ngungghan 1 as a test of the validity of the instrument and children aged 5 -6 years in TK DW Bantengan as a trial for conventional products or LKA. The results of this study indicate that the flipbook maker-based gross motor pocket book media which contains materials for traditional games of crank and jump rope is effective for optimizing the gross motor skills of children aged 5-6 years, especially in the aspects of balance, throwing and swinging. The survey results from parental feedback showed that the gross motor pocket book that had been developed was proven to be effective as a learning medium to optimize children's gross motor skills. With a higher level of effectiveness compared to conventional media or LKA which is usually used by teachers as learning media for students. This flipbook maker-based gross motor pocket book media which contains traditional jumping rope and crank games is suitable for use as a supporting medium for optimizing gross motor skills for children aged 5-6 years during this pandemic because this media can be accessed online.
Keywords: gross motoric, pocket book, traditional games, flipbook maker.