Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Simulasi PhET Pada Materi Fluida Dinamis
Development Student Worksheets Aided By PhET Simulation On Dynamic Fluid Materials
Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan lLembar kKerja Peserta dDidik (LKPD) yyang llayak pada materi fluida dinamis dengan berbantuan menggunakan PhET simulations sebagai labolatorium virtual. Tiga aspek pada kelayak suatu produk/material yaitu vvaliditas, kkepraktisan, ddan kefektifan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan metode model ADDIE, teknik analisis pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan uji validasi oleh dua validator, uji kepraktisan dengan respon ppeserta ddidik setelah pembelajaran menggunakan LKPD yang dikembangkan, dan uji keefektifan dilihat dari hasil tes tulis setelah pembelajaran menggunakan LKPD. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada setiap aaspek yaitu kkelayakan iisi tentang kesesuaian KD, substansi materi 98,00%, sajian tentang kejelasan tujuan, kelengkapan informasi 88,00%, kebahasaan tentang kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia 95,00%, kegrafisan dalam penggunaan jenis dan ukuran huruf serta desain tampilan 82,50% dengan kkategori ssangat vvalid. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) memenuhi syarat kepraktisan, karena mendapatkan respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) positif dengan ppersentase 75,00% - 91,66% dari hasil persentase itu masuk dalam kategori baik dan sangat baik. Keefektifan pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat dilihat dengan hasil tes tulis setelah pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantuan PhET silumation, hasil dari evaluasi yaitu 83,34% peserta didik dinyatakan tuntas dan 16,66% peserta didik tidak tuntas. Berdasarkan hasil diatas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yyang ddikembangkan llayak digunakan.
Kata Kunci : LKPD PhET, validasi, kepraktisan, keefektifan.
The aim of this study was to develop a proper Student Worksheet on dynamic fluid material with the help of PhET simulations as a virtual laboratory. Three aspects of the worthiness of a product / material are validity, practicality, and effectiveness. This research is included in development research using the ADDIE model method, the analysis technique in this study is using quantitative descriptive analysis with validation tests by two validators, practicality testing with students' responses after learning using the developed, and effectiveness testing seen from the written test results. after learning using. The results of this study indicate the validity of the Student Worksheet in every aspect, namely the feasibility of content regarding KD conformity, 98.00% material substance, presentation of clarity of objectives, completeness of information 88.00%, language about conformity with Indonesian language principles 95 , 00%, the graphic in the use of font type and size and display design is 82.50% with very valid category. Student Worksheets meet the requirements of practicality, because they get a positive response from students to Student Worksheets with a percentage of 75.00% - 91.66% of the percentage results included in the good and very good categories. The effectiveness of the Student Worksheet can be seen with tthe results oof the written test after learning using the Student Worksheet assisted by PhET silumation, the results of the evaluation are 83.34% of students are declared complete and 16.66% of students are incomplete. . Based on the results above, the Student Worksheet developed is suitable for use.
Keywords : Student worksheet PhET, validity, practicality, effectiveness.