PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI MASA PANDEMI
USE OF DIGITAL MEDIA IN LEARNING THE JAPANESE LANGUAGE DURING THE PANDEMIC TIME
Hadirnya pandemi virus COVID-19 atau penyakit virus corona di tahun 2020 mendatang tampaknya memberikan dampak yang sangat luar biasa, dengan mematikan hampir semua sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan. Dengan adanya virus COVID-19 atau Coronavirus-disease-19 ini mengakibatkan proses belajar mengajar menjadi berubah total. Yang semula pertemuan tatap muka berubah menjadi teleconference. Kajian ini akan membahas media digital apa saja yang sering digunakan oleh pengajar (Guru dan Dosen) saat pembelajaran secara daring (distance learning) di masa pandemi Covid-19 ini. Namun, di sisi lain, pembelajaran jarak jauh cenderung lebih hemat biaya dan tenaga, dengan banyak platform yang menawarkan dukungan gratis seperti Google Classroom, Whatsapp, Zoom, Google Meet dan lain sebagainya. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media digital apa saja yang digunakan ketika masa pandemi berlangsung, untuk mengetahui kesulitan/kendala apa saja yang dialami ketika menggunakan media digital pembelajaran tersebut, dan untuk mengetahui solusi yang dapat dihadapi ketika menggunakan media digital pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada proses penelitian ini menggunakan cara membaca literatur. Sumber dari penelitian ini adalah berasal dari 18 jurnal. Hasil dari penelitian ini menyataan bahwa pembelajaran bahasa Jepang secara daring berdasarkan media yang paling sering digunakan adalah program Google Classroom. Karena program Google Classroom ini menduduki peringkat teratas yakni 5 jurnal sebanyak 45%. Sedangkan program Whatsapp dan Edmodo sama yakni masing-masing memperoleh 4 jurnal sebanyak 20%. Untuk program Google Meeting ini sendiri memperoleh 3 jurnal sebanyak 10%, dan Zoom Meeting memperoleh 2 jurnal sebanyak 5%.
The presence of the COVID-19 virus pandemic or coronavirus disease in 2020 seems to have had an extraordinary impact, by shutting down almost all sectors, one of which is the education sector. With the COVID-19 or Coronavirus-disease-19 virus, the teaching and learning process has completely changed. What was originally a face-to-face meeting turned into a teleconference. This study will discuss which digital media are often used by teachers (teachers and lecturers) during online learning (distance learning) during the Covid-19 pandemic. However, on the other hand, distance learning tends to be more cost-effective and labor-intensive, with many platforms offering free support such as Google Classroom, Whatsapp, Zoom, Google Meet, and so on. Therefore the purpose of this research is to find out what digital media were used during the pandemic, find out what difficulties/obstacles were experienced when using digital learning media, and find out the solutions that can be faced when using digital learning media. The method used in this research is the descriptive qualitative method. Collecting data in this research process using how to read the literature. The source of this research is 18 journals. The results of this study stated that online Japanese learning based on the media most often used is the Google Classroom program. Because the Google Classroom program is in the top ranking, namely 5 journals as much as 45%. While the Whatsapp and Edmodo programs are the same, namely each gets 4 journals as much as 20%. The Google Meeting program itself gets 3 journals as much as 10%, and Zoom Meeting gets 2 journals as much as 5%.