Inquiry based learning merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk menemukan sesuatu dengan berbekal pengalaman sendiri. Pembelajaran ini menggunakan pendekatan open-ended untuk memperbaiki pemahaman kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, (2) respon siswa, dan (3) perbedaan hasil belajar setelah menerapkan pembelajaran inquiry based learning dengan pendekatan open-ended.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Single One Shot Case Study menggunakan dua kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas X DPIB SMK Negeri 1 Kediri berjumlah 33 siswa/kelas, dengan perlakuan X DPIB 1 sebagai kelas kontrol dan X DPIB 2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018-2019.
Hasil penelitian ini adalah (1) persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran adalah 91,23% termasuk penilaian sangat layak (2) persentase respon siswa kelas X DPIB 2 (kelas eksperimen) adalah 83,52%, dan dapat diketahui bahwa siswa kelas X DPIB 2 lebih tertarik dan setuju menggunakan alat peraga rangka batang sederhana dalam pembelajaran (3) Hasil rata-rata tes belajar siswa kelas X DPIB 1 (kontrol) sebesar 71,3; kelas X DPIB 2 (eksperimen) sebesar 79,79. Hasil uji-t dua pihak untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan = 3,326> =2,246 (signifikan, α=5%). Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan perlakuan menggunakan alat peraga rangka batang sederhana, dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan.
Kata kunci : alat peraga, hasil belajar, inquiry based learning, open-ended
Inquiry based learning is a learning model that involves students to find something with their experience. This learning uses an open-ended approach to improve understanding of teaching and learning activities. The purpose of this study was to determine (1) the implementation of learning (2) student responses (3) different test results after applying inquiry based learning with open-ended approach.
This research used experimental method with the design of Single One Shot Case Study uses 2 class. The research subjects were class X DPIB of SMK Negeri 1 Kediri with a total of 33 students/class, with treatment X DPIB 1 as the control class and X DPIB 2 as the experimental class. The study was conducted in even semester 2018-2019.
The results of this study were (1) the percentage of the average implementation of learning is 91,23%including the very decent (2)percentage of student responses in class X DPIB 2(experimental class) is 83,52%, and can be known in class X DPIB 2 were more interested and agrees to use the props of simple truss in learning (3) results of the average student test class X DPIB 1 (control class) is 71,2; class X DPIB 2 (experiment class) is 79,79. The t-test result of two party to know the difference test result with t count= 3,326> t table= 2,246 (significant, α= 5%). That is, there are difference in learning between students who get treatment using a simple truss props, with students who are not treated.
Keyword : props, test result, inquiry based learning, open-ended