Pemahaman Matematis Peserta Didik SMP Pada Materi Bentuk Aljabar Berdasarkan Gender
Middle School Students' Mathematical Understanding on Algebraic Expressions Based on Gender
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pemahaman peserta didik SMP pada bentuk aljabar berdasarkan gender, yang meliputi proses menginterpretasi, memberikan contoh, mengklasifikasi, membuat simpulan, membuat rangkuman, membandingkan, dan menjelaskan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengetahui pemahaman matematis peserta didik SMP pada materi bentuk aljabar. Teknik purposive sampling digunakan dalam memilih peserta didik kelas VII SMP LABSCHOOL UNESA 2. Sebanyak 36 peserta didik SMP kelas VII diberikan angket tingkah laku yang ditunjukkan untuk melihat gender dan tes kemampuan matematika untuk melihat kemampuan matematika. Subjek yang dipilih merupakan seorang peserta didik feminin perempuan dan seorang peserta didik maskulin laki-laki. Tugas pemahaman bentuk aljabar selanjutnya diberikan kepada kedua peserta didik pada hari yang sama dan diwawancarai pada hari yang sama, dengan tujuan melihat kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi bentuk aljabar. Selanjutnya, tugas kedua dilakukan dalam selang waktu satu minggu untuk melihat keabsahan data. Data kemudian dianalisis berdasarkan komponen pemahaman yang terdiri dari tiga langkah yaitu kondensasi data, presentasi, dan interpretasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada: interpreting, siswa feminim & maskulin mentransformasikan informasi yang diberikan ke dalam variabel untuk menentukan bentuk aljabarnya, perbedaannya adalah huruf yang digunakan untuk variabel; exemplying, kedua siswa memberikan contoh spesifik yang sesuai, bedanya siswa laki-laki memberikan contoh bentuk aljabar yang suku-sukunya mengandung variabel tunggal; classifying, kedua siswa mengklasifikasikan bentuk aljabar tiga suku dan menjelaskan (explaining) mengapa bentuk aljabar disebut bentuk aljabar tiga suku; inferring, kedua siswa menggunakan informasi dalam masalah untuk menyimpulkan solusi; summarizing, kedua siswa menggeneralisasikan bentuk umum dari bentuk aljabar tiga variabel; comparing, siswa perempuan membandingkan variabel dalam bentuk aljabar yang diberikan dengan bentuk aljabar pada soal, sedangkan siswa laki-laki tidak dapat membandingkannya. Hal ini menyebabkan bias pada exemplying siswa maskulin.
Kata Kunci : pemahaman matematis, bentuk aljabar, gender.
The aim of the study is to describes the process of understanding of junior high school students in algebraic forms based on gender, which includes the process of interpreting, exemplying, classifying, inferring, summarizing, comparing, and explaining.
This research was a descriptive study with qualitative approach to explore the mathematical understanding of junior high school students in algebraic forms. The purposive sampling technique was used to select grade VII students of UNESA LABSCHOOL 2 Secondary School. 36 students were given a behavior questionnaire to determine sudent’s gender and a math ability test to determine student’s math ability. The subjects chosen were a feminine-female student and a masculine-male student. The task of understanding algebraic forms was then given to the two students on the same day and interviewed on the same day, with the aim of seeing students' mathematical understanding abilities in algebraic forms material. Furthermore, the second task was carried out at intervals of one week to see the validity of the data. The data were then analyzed based on the understanding component which consisted of three steps, namely data condensation, presentation, and data interpretation.
The results shows that on: interpreting, feminin & masculine student transforms the given information into variables to determine the algebraic forms of the problem, the difference is the letters that used to represent variables; exemplying, both student gives appropriate specific examples, the difference is masculine student gives examples of algebraic forms which terms contain single variable; classifying, both student classifies the algebraic forms that has three terms and explains why an algebraic form called as three-terms of algebraic form; inferring, both student use the information in the problem to conclude the solution; summarizing, both student generalize the general form of three-variables of algebraic form; comparing, feminin student compare the simmiliarities to determine algebraic forms that have the same characteristics as the algebraic form given, while masculline student can not find the simmiliarities. It causes a bias in masculline student on exemplying.
Keywords: mathematical understanding, algebraic forms, gender.