PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN CANVA DAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DI SMKN 6 SURABAYA
ABSTRAK
Oleh: Merry Ayu Azzahro
Skripsi
Kota Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
2024
Perkembangan teknologi abad 21 khususnya di Indonesia terjadi sangat dinamis. Perkembangan tersebut berdampak pada segala bidang tidak terkecuali bidang pendidikan. Sehingga adanya perubahan kurikulum yaitu Kurikulum Merdeka. Sehingga seorang guru hendaknya dapat berinovasi dalam mengimplementasikan media pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan peserta didik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi guna menjawab tantangan zaman yang serba digital. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pembuatan produk berupa media pembelajaran menggunakan canva dan liveworksheets 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan canva dan liveworksheets 3) Mengetahui respon peserta didik setelah dilakukan uji coba pada media pembelajaran yang dikembangkan
Penelitian Research and Development (R&D) ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementaasi, dan Evaluasi, dengan hasil luaran media pembelajaran berbasis android yang dapat dibuka menggunakan link berbasis digital. Media pembelajaran yang dikembangkan ditelaah dan divalidasi terlebih dahulu oleh ahli materi, dan ahli media. Kemudian dilakukan uji coba pada 20 peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 6 Surabaya
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan bantuan canva dan liveworksheets pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa layak digunakan. Kelayakan dari hasil validasi materi adalah 94,2% dengan kategori sangat layak, kelayakan dari hasil validasi media adalah 94,7% dengan kategori sangat layak, dan hasil respon peserta didik adalah 97,2% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Canva, Liveworksheets, Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa, SMK Negeri 6 Surabaya
ABSTRACT
By: Merry Ayu Azzahro
DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA WITH CANVA AND LIVEWORKSHEETS ON ACCOUNTING CYCLE MATERIAL IN A SERVICE COMPANY AT SMKN 6 SURABAYA
Thesis
City of Surabaya
Faculty of Economics and Business
The development of technology in the 21st century, especially in Indonesia, is very dynamic. These developments have an impact on all fields, including the education sector. So that there is a change in the curriculum, namely the Independent Curriculum. So that a teacher should be able to innovate in implementing learning media that can be adapted to students by utilizing technological advances to answer the challenges of the all-digital era. This study aims to: 1) Describe the process of making products in the form of learning media using canva and liveworksheets 2) Determine the feasibility of learning media using canva and liveworksheets 3) Determine the response of students after testing the developed learning media
This Research and Development (R&D) research uses the ADDIE development model which consists of five stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation, with the output of android-based learning media that can be opened using a digital-based link. The learning media developed is reviewed and validated in advance by material experts, and media experts. Then a trial was carried out on 20 students of class X Accounting 2 SMK Negeri 6 Surabaya
The results of this study show that learning media using the help of canva and liveworksheets on the accounting cycle material of service companies is suitable for use. The feasibility of the material validation results was 94.2% with the very feasible category, the feasibility of the media validation results was 94.7% with the very feasible category, and the student response results were 97,2% which showed a positive response.
Keywords: Learning media, Canva, Liveworksheets, Accounting Cycle Service Company, State Vocational High School 6 Surabaya