ABSTRAK
Azizah, Lutfia Nur. 2019. Pengembangan Buku Suplemen Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Lokal Menggunakan Model CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SD. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A., dan (2) Dr. Hendratno, M.Hum.
Kata Kunci : Pengembangan Buku Suplemen, Budaya Lokal, Model CIRC, Menuls Narasi
Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengembangkan buku suplemen Bahasa Indonesia berbasis budaya lokal Kabupaten Ponorogo menggunakan model CIRC untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD. Adapun tujuan khusus dari penelitia ini adalah (1) mendeskripsikan kevalidan buku suplemen dilihat dari komponen materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan; (2) mendeskripsikan kepraktisan buku suplemen dilihat dari aktivitas dan respon dari guru dan siswa; dan (3) mendeskripsikan keefektifan buku suplemen dilihat dari hasil belajar siswa.
Penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari tahap (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; (5) Evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik validasi, teknik observasi, angket, dan tes. Penelitian dilakukan di SDN 1 Siman, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Uji coba buku suplemen dilakukan dua kali dnegan uji coba terbatas dan uji coba luas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata presentase validasi buku adalah 96,2% dan masuk dalam kategori sangat berkualitas. Perolehan observasi aktivitas pembelajaran guru dan siswa masing-masing mendapatkan 90% yang berarti termasuk dalam kategori aktif. Respon guru dan siswa terhadap penggunaan buku suplemen Bahasa Indonesia berbasis budaya lokal menggunakan model CIRC adalah 91,7% dan 85%. Hasil belajar siswa dilihat dari pre-tes dan pos-tes dalam uji coba terbatas maupun uji coba luas. Hasil perbandingan uji coba terbatas menunjukkan nilai thitung = 5,118 > ttabel = 2,365 yang artinya Ho ditolak. Begitu pula dengan hasil perbandingan uji coba luas menunjukkan nilai thitung = 5,118 > ttabel = 2,365 yang artinya Ho ditolak.
ABSTRACT
Azizah, Lutfia Nur. 2019. Development of Indonesian Supplementary Books Based on Local Culture Using CIRC Model to Enhance Narratives Writing Skills of 4th Grade Elementary School Students. Thesis. Primary Education Studies Program, Postgraduate Program of Surabaya State University. Supervisors (1) Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A. and (2) Dr. Hendratno, M.Hum.
Keywords : Supplementary Books Development, Local Culture, CIRC Model, Writing Narratives.
The general objective of this study is to develop an Indonesian supplementary book based on local culture in Ponorogo Regency using the CIRC model to enhance narratives writing skills of 4th grade elementary school students. The specific objectives of this research are (1) to describe the validity of supplementary books seen from the material component, presentation, language, and graphics; (2) describe the practicality of supplementary books seen from the activities and responses of teachers and students; and (3) describe the effectiveness of supplement books seen from student learning outcomes.
This development research refers to the ADDIE model which consists of stages (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Data collection techniques were carried out by documentation techniques, validation techniques, observation techniques, questionnaires, and tests. The study was conducted at SDN 1 Siman, Siman District, Ponorogo Regency. The supplement book trial was conducted twice with limited trials and extensive trials.