Perkembangan motorik khususnya pada gerak lokomotor tidak hanya terfokus pada individu, namun juga mengkaji tentang pentingnya lingkungan tempat individu bergerak dan tugas atau kesempatan yang dapat dipilih untuk dilakukan. Melalui kegiatan bermain, anak akan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dan menemukan hal-hal yang dapat memberikan manfaat bagi perkembangannya. Oleh karena itu, pendidik harus mendukung perkembangan kemampuan gerak lokomotor anak melalui aktivitas bermain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan permainan Anove Sensory Path untuk meningkatkan kemampuan gerak lokomotor anak usia 4-5 tahun, serta untuk mengevaluasi kevalidan permainan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluate). Pengumpulan dan analisis data dilakukan melalui penggunaan angket yang mengikuti model checklist. Data tersebut dikumpulkan dari ahli materi dan ahli media. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase sebesar 90,62%, sedangkan hasil validasi oleh ahli media menunjukkan persentase sebesar 93,18%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan anove sensory path memenuhi kriteria dengan baik sekali. Oleh karena itu, permainan anove sensory path layak untuk dilanjutkan pada tahap implementasi dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan gerak lokomotor anak usia 4-5 tahun.
Kata Kunci: Permainan, Sensory Path, Gerak Lokomotor
The development of motor skills, especially in locomotor movements, is not only focused on the individual but also considers the importance of the environment where the individual moves and the tasks or opportunities that can be chosen to be performed. Through play activities, children are given the opportunity to explore and discover things that can benefit their development. Therefore, educators should support the development of children's locomotor skills through play activities. This research aims to develop the Anove Sensory Path game to enhance the locomotor skills of children aged 4-5 years and evaluate the validity of the game. The research method used is research and development, following the ADDIE model (analyze, design, development, implementation, evaluate). Data collection and analysis are conducted using a questionnaire based on a checklist model. The data is collected from subject matter experts and media experts. The validation results from the subject matter experts show a percentage of 90.62%, while the validation results from the media experts indicate a percentage of 93.18%. Thus, it can be concluded that the Anove Sensory Path game meets the criteria very well. Therefore, the Anove Sensory Path game is deemed suitable to proceed to the implementation stage and can be used to enhance the locomotor skills of children aged 4-5 years.
Keywords: Game, Sensory Path, Locomotor Skills