Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Edukasi "Ngudek Jenang" Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan
Educational Tourism Marketing Communication Strategy "Ngudek Jenang" in Increasing Tourist Visits
Pariwisata memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yaitu wisata edukasi. Wisata edukasi ngudek jenang merupakan salah satu wisata edukasi di Kabupaten Blitar yang meberikan edukasi mengenai pengolahan jenang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran wisata edukasi ngudek jenang dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan yang dilakukan oleh Omah Jenang selaku pemilik serta pengelola dari wisata edukasi ngudek jenang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Paradigma yang digunakan merupakan paradigma kontruktivisme. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran, Omah jenang memiliki strategi bermanfaat bagi wisatawan dengan daya tarik budaya tradisional yang dimilikinya, memiliki promosi mulai dari membentuk jaringan menggunakan komunitas, sehingga mereka dapat mengikuti berbagai event pariwisata dan dapat bekerjasama dengan berbagai travel agen di Indonesia. Omah Jenang juga menggunakan strategi word of mouth menggunakan media promosi digital, media massa, brosur, dan baliho, memberikan support dan sponsorship. Omah Jenang juga memberikan Cindramata berupa produk Omah Jenang pada setiap wisatawan, pematerinya merupakan orang-orang berpengalaman di bidanya, dan memiliki tempat wisata yang kental dengan nuansa tradisional dan memiliki toko oleh-oleh sebagai pelengkap. Dengan berbagai macam strategi komunikasi pemasaran tersebut, Omah Jenang berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan setiap minggunya.
Tourism has various types, one of which is educational tourism. Ngudek jenang educational tour is one of the educational tours in Blitar Regency which provides education about jenang processing. This study aims to find out how the marketing communication strategy for the ngudek jenang educational tour is in an effort to increase tourist visits by Omah Jenang as the owner and manager of the ngudek jenang educational tour. This research is a qualitative research using the case study method. The paradigma used is the constructivism paradigm. Data collection techniques in this study used interview and observation techniques. The results of this study are that in carrying out a marketing communication strategy, Omah Jenang has a useful strategy for tourists with its traditional cultural attractions, has promotions starting from forming networks using the community, so they can take part in various tourism events and can work together with various travel agents in Indonesia. Omah Jenang also uses a word of mouth strategy using digital promotional media, mass media, brochures and billboards, providing support and sponsorship. Omah Jenang also provides souvenirs in the form of Omah Jenang products to every tourist. The presenters are experienced people in their fields, and have tourist attractions that are thick with traditional nuances and have a gift shop as a complement. With these various marketing communication strategies, Omah Jenang has succeeded in increasing the number of tourist visits each week.