ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN GUGUS IV KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN
Nama : Masitha Intan Sahara
NIM : 13010644102
Program Studi : S-1
Jurusan : PGSD
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbingan : Dr. Hendratno, M.Hum.
Model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat digunakan dalam merangsang siswa untuk berbicara. Dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe time token siswa dapat lebih fokus untuk berlatih mengutarakan pendapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gugus IV Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Adapun bentuk rancangan yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan kelas, kemampuan siswa, dan lingkungan sekolah. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data instrumen yang digunakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk analisis hasil penelitian menggunakan uji n-gain ternormalisasi, uji normalitas dan uji hipotesis.
Hasil uji hipotesis terhadap nilai pre-test dan post-test siswa kelas V SDN Gugus IV Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan diketahui bahwa (5% = 2,048) 2,373). Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe time token mempunyai pengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gugus IV Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Sementara itu, untuk uji beda kelas antara kelas eksperimen dan kontrol diketahui bahwa (5% = 2,015) 2,221). Berdasarkan analisis tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gugus IV Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, time token, keterampilan berbicara
ABSTRACT
THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING MODEL
TYPE TIME TOKEN TOWARDS SKILLS TALKING
STUDENTS CLASS V SDN GUGUS IV TURI LAMONGAN
Name : Masitha Intan Sahara
NIM : 13010644063
Study program : S-1
Major : PGSD
Faculty : Faculty of Education
Name of Institution : Surabaya State University
Coaching : Dr. Hendratno, M.Hum
The type of time token cooperative learning model can be used in stimulating students to speaking skills. With the implementation of the cooperative learning model type of time token students can focus more on express their opinions. The purpose of this study was to determine the effect of the type of time token cooperative learning model on the speaking skills of fifth grade students of Elementary School Cluster IV Turi District, Lamongan Regency.
This type of research is a quasi experiment. The form of design used is nonequivalent control group design. The sampling of this research is purposive sampling technique with consideration of class, student ability, and school environment. Data collection techniques in this study used tests and observations. The data instrument analysis technique used is the validity test and the reliability test. The data result analysis technique used is n-gain test, normality test, and hypothesis test.
Hypothesis test results indicate that the t test on the pre-test and post-test values of Elementary School Cluster IV Turi District, Lamongan Regency is known t table (5% = 2.048) <t_calculate 2.373). Based on the analysis, it can be concluded that the time token cooperative learning model has a significant influence on the speaking skills of the fifth grade students of Elementary School Cluster IV Turi District, Lamongan Regency. Meanwhile, for the different tests of the experimental and control classes it is known t table (5% = 2.015) <t_calculate 2.221). Based on the analysis it was found that there were significant differences about the effect of the time token cooperative learning model on the speaking skills of the fifth grade students of Elementary School Cluster IV Turi District, Lamongan Regency.
Keywords: cooperative learning model, time token, speaking skills