PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS DIGITAL PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF DIGITAL-BASED COMIC MEDIA ON GLOBAL WARMING MATERIALS FOR CLASS III STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL
Abstrak
Dampak dari Pemanasan Global sudah dirasakan di seluruh dunia sehingga dibutuhkan upaya dalam mengatasi isu tersebut salah satunya melalui pendidikan. Hal ini mengindikasikan pentingnya pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap isu tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakteristik produk media komik yang dapat memenuhi kriteria valid dan praktis serta mengetahui efektivitas produk dalam mengembangkan berpikir kritis yang dimiliki peserta didik selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian dari Borg and Gall yang terbatas pada langkah ke-tujuh penelitian saja. Teknik analisis data dilakukan ada pada hasil pengujian validasi, pengujian produk, dan respon peserta didik terhadap produk. Pada hasil pengujian validasi yang dilakukan dengan ahli media dan ahli materi mendapat skor sebesar 88% dan 87%, sehingga sangat valid. Hasil respon peserta didik mendapat skor sebesar 91% sehingga sangat praktis. Dengan demikian produk dapat dikatakan memenuhi kelayakan. Produk diuji cobakan kepada peserta didik kelas III SDN Kedungringin IV Pasuruan dengan menggunakan soal pre-test dan post-test. Hasil skor tes dihitung dengan menggunakan uji t test yang nilai signifikasinya sebesar 0,002 < 0,05 dan mendapat nilai n-gain sebesar 0,6 yang berarti produk media ini efektif digunakan dalam mengembangkan berpikir kritis yang dimiliki peserta didik dengan peningkatan masuk dalam kategori sedang.
Kata Kunci: pengembangan, komik berbasis digital, pemanasan global
Abstract
The impact of Global Warming has been felt throughout the world so attempt to overcome this issue is needed, one of which is through education. This indicates the importance of learning to increase students' understanding of this issue. This research aims to describe the characteristics of comic media that can meet valid, practical, and effective in developing critical thinking. Borg and Gall research model is used in this research. The data analysis technique was carried out on the results of validation testing, product testing, and student responses. In the results of the validation tests carried out by media and material experts scored 88% and 87%, which was very valid. The results of student responses got a score of 91% which was very practical. The product was tested on third grade students of SDN Kedungringin IV Pasuruan by using pre-test and post-test questions. The results of the test scores were determined utilizing the t test with a significance value of 0.002 < 0.05 and got an n-gain value of 0.6 which means that Digital-Based Comics media products on Global Warming Materials are effectively used in developing students' critical thinking by the increase on the moderate category.
Keywords: development research, digital based comic, global warming