Kemunculan gerakan #2019gantipresiden menuai pro kontra didalam masyarakat. Gerakan #2019gantipresiden berkembang di media sosial. Mahasiswa sebagai agent of changes menduduki peringkat tertinggi pada pengguna internet di Indonesa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa di Surabaya terhadap gerakan #2019gantipresiden.
Pada dasarnya persepsi merupakan hubungan antara manusia dengan lingkungannya, serta bagaimana manusia menggambarkan atau menyampaikan stimulus yang ada di lingkungannya dengan menggunakan pengetahuan yang dimilikinya, kemudian memproses hasil penginderaannya itu, sehingga muncullah makna mengenai objek tersebut (baik atau buruk). Persepsi merupakan suatu pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Untuk mendeskipsikan persepsi pada penelitian ini menggunakan empat indikator yang sesuai dengan aspek persepsi yaitu kognisi, afeksi, intepretasi, serta evaluasi.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desktriptif dengan teknik pengumpilan data yaitu survey berbasis online dengan menggunakan google form. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert yang memungkinkan untuk mengukur persepsi. Populasi adalah mahasiswa di Surabaya dengan jumlah 241.182 orang, penentuan sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Sampel berjumlah 347 orang dengan ketentuan adalah pengguna aktif media sosial.
Hasil dari penelitian ini yaitu 62,25% responden memiliki persepsi negatif terhadap gerakan #2019gantipresiden hal ini menunjukkan bahwa gerakan #2019gantiresiden memuat isi yang menyalahi UU no. 7 tahun 2017 pasal 280 tentang larangan dalam berkampanye. Lebih dari itu gerakan #2019gantipresiden memuat konten kampanye hitam. Sedangkan 2,3% responden memiliki persepsi positif terhadap gerakan #2019gantipresiden yang menunjukkan bahwa mahasiswa di Surabaya memandang gerakan #2019gantipresiden adalah bentuk kampanye yang positif dan kreatif dengan memanfaatkan media sosial dan sisanya 35,45% responden masuk dalam kategori netral. Nilai tertinggi responden pada penelitian ini yakni 82 sedangkan nilai terendah 24, rata-rata mencapai 45,4 atau kategori negatif. Meskipun responden cenderung memiliki persepsi negatif terhadap gerakan virtual ini, namun pada aspek pengetahuan responden cukup mengetahui terhadap gerakan ini dengan data sebesar 61,96% responden masuk dalam kategori ‘cukup mengetahui’ terhadap gerakan #2019gantipresiden.
Pada indikator sikap, responden cenderung memiliki persepsi negatif terhadap gerakan berbasis virtual ini yakni mencapai 95,39%, sedangkan pada indikator interpretasi mencapai 57,93% responden memiliki persepsi netral serta pada indikator evaluasi 60,52% responden memiliki persepsi negatif terhadap gerakan #2019gantipresiden. Hal ini menunjukkan bahwa gerakan virtual ini secara pemikiran tidak menolak dengan didukung data dari aspek intepretasi serta pengetahuan namun dari segi aksi responden tidak ikut serta berkontribusi atau tidak mau turut serta pernyataan ini didukung dari data dari aspek sikap dan evaluasi.
Kata Kunci: persepsi, mahasiswa, gerakan #2019gantipresiden.
The appearance of the # 2019 depends on the president's reap the pros and cons in society. The #2019gantipresiden’s movement developed on social media. Students as agent of changes ranked highest among internet users in Indonesia. Therefore, this study aims to describe the perceptions of students in Surabaya towards the #2019gantipresiden’s movement.
Basically, perception is the relationship between humans and their environment, and how humans describe or convey stimuli that exist in their environment by using the knowledge they have, then process the results of their sensing, so that the meaning of the object appears (good or bad). Perception is an experience of objects, events or relationships obtained by deducing information and interpreting messages. To describe perceptions in this study using 4 indicators that are in accordance with aspects of perception, namely cognition, affection, interpretation, and evaluation.
This study uses descriptive quantitative methods with data collection techniques, namely online based surveys using google form. The scale used in this study is the Likert scale which allows to measure perceptions. The population was students in Surabaya with 241.182 people, the sample was determined by a table developed by Isaac and Michael with an error rate of 5%. A sample of 347 people with provisions is active social media users.
The results of this study are 62.25% of respondents have a negative perception of the # 2019 movement over the president, this indicates that movement # 2019 depends on the residence because it contains content that violates Law no. Article 7 of 7 of 2017 concerning the prohibition in campaigning. More than that movement # 2019 depends on the president to load black campaign content. While 2.3% of respondents had a positive perception of the # 2019 movement of the president who showed that students in Surabaya viewed the # 2019 movement as a president as a positive and creative campaign by utilizing social media and the remaining 35.45% of respondents were in the neutral category. The highest value of respondents in this study was 82 while the lowest value was 24, the average reached 45.4 or the negative category. Even though respondents tend to have negative perceptions of this virtual movement, in terms of knowledge the respondents know enough about this movement with data of 61.96% of respondents in the category of 'knowing enough' about the movement # 2019 over the president.
On attitude indicators, respondents tend to have negative perceptions of this virtual-based movement which reaches 95.39%, while in interpretation indicators it reaches 57.93% of respondents have neutral perceptions and on evaluation indicators 60.52% of respondents have negative perceptions of movement # 2019 over president . This shows that this virtual movement is not thoughtfully rejected by supporting data from aspects of interpretation and knowledge, but in terms of action the respondent did not participate in contributing or did not want to participate, and this statement was supported by data from the attitude and evaluation aspects.
Keywords: perceptions, students, # 2019gantipresiden’s movement.